Prodi Profesi Ners (PSPN) FKIK UMY berkesempatan didatangi oleh assessor dari LAM-PTKes untuk assessment lapangan (28-31/08). Hal ini berkaitan dengan pengajuan re-akreditasi Prodi Profesi Ners. Sebelumnya PSPN FKIK UMY telah mendapatkan akreditasi A.

Asesor yang ditunjuk yaitu Asnet Leo Bunga, S.Kp., M.Kes.; Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS., Ph.D dan Dr. Joni Haryanto, S.Kp., M.Si. Hari pertama asesor (29/08) disambut pihak rektorat dan mengikuti serangkaian acara pembukaan dan presentasi KaProdi PSPN sekaligus sebagai ketua tim akreditasi, Shanti Wardaningsih, S.Kp., Sp., Kep. Jiwa., Ph.D di Gedung AR Fachrudin A lantai 5. Acara tersebut dihadiri oleh pihak rektorat, dosen dan tenaga kependidikan, stake holder, para preceptor, mahasiswa dan alumni. Setelah acara, para asesor melanjutkan asesmen lapangan melihat fasilitas sarana prasarana dari Gedung Admisi, Masjid (LPPI), Perpus pusat serta fakultas, Mini Hospital, ruang kuliah, ruang laboratorium, ruang CBT dan lain-lain. Setelah meninjau sarana prasarana para asesor mensinkronkan borang yang telah diupload oleh tim akreditasi PSPN dengan dokumen-dokumen yang telah disiapkan oleh tim.

Hari kedua para asesor melanjutkan peninjauan ke rumah sakit, puskesmas dan komunitas. Rumah sakit yang ditunjuk yaitu RS PKU Jogja, RS PKU Gamping. Sedangkan Puskesmas dan Komunitas, asesor menuju Puskesmas Jetis dan Pedukuhan Kalirandu, Bangunjiwo sebagai wilayah binaan PSPN. Setelah meninjau lahan praktek, para asesor melanjutkan asesmen.

Tim akreditasi yang terdiri dari PJ standar; PJ dokumen; PJ asisten dokumen berjuang bersama sampai larut malam. Tim ketua akreditasi, Shanti menyampaikan rasa syukur yang mendalam setelah proses assessment lapangan selesai kepada Allah SWT. Terima kasih juga kepada Rektor UMY, Dekan FKIK UMY yang pada saat itu mengawal sampai penandatanganan berita acara telah dilaksanakan assessment lapangan.

Semoga hasil dari persiapan kurang lebih satu tahun ini membuahkan hasil dan bermanfaat untuk semua pihak. Shanti menyampaikan harapan pribadi dan semua pihak yang telah mensupport agar PSPN FKIK UMY kembali meraih akreditasi A dan juga mendapatkan areditasi internasional yang akan disiapkan dalam beberapa waktu ke depan.