Jum’at-Sabtu tanggal 9-10 Agustus 2019, Kedokteran Gigi UMY menyelenggarakan acara CDE (Continuing Dental Education)2019 yang ke-6 yang berlokasi di Hotel Grand Dafam Royan Yogyakarta. Acara ini dipanitiai oleh koas angkatan 2017 yang berkolaborasi dengan mahasiswa S1 Kedokteran gigi angkatan 2015 yang baru lulus tahun ini. CDE sendiri merupakan agenda yang diselenggarakan Kedokteran Gigi UMY 2 tahun sekali. Pada umumnya agenda CDE dan DREAM diadakan berselang seling setiap tahun. Untuk CDE ditangani oleh mahasiswa profesi dengan angkatan ganjil, jika DREAM ditangani oleh mahasiswa profesi dengan angkatan genap.

 

Pada Jum’at, 9 Agustus 2019 CDE dibuka oleh Kaprofesi PSPDG UMY, drg. Erma Sofiani, Sp. KG. Pembicara utama pada hari itu, Prefessor Shih Chieh Lee, dosen dari Taiwan menyampaikan tentang potensi dari penggunan daun kayu manis untuk Alleviation of Mucostitis yang diakibatkan oleh Chemotheraphy. Dipurna acara utama, diisi hands on oleh beberapa dosen diantaranya yaitu : drg. Edwyn Saleh, Sp.BMM menerangkan tentang desain flap dan teknik suturing; dr. M. Ikhwan Zein, Sp.KO menerangkan tentang Introducing Yoga Dentist”; drg. Aulia Yudha P., Sp.Perio menerangkan make it simple gingivectomy; drg. Rinto Abimanyu, MARS, Sp.KG menerangkan Detailing in Anterior Restoration. Sebanyak 126 peserta dari berbagai macam daerah menghadiri acara ini.

Acara di hari berikutnya, Jum’at, 10 Agustus 2019 diisi oleh drg. Anna Muryani, Sp. KG(K) mengisi “Tooth Whitening in Esthetic Dentistry”, drg. Alfini Octavia, Sp.KGA dengan materi “Aesthetic Restoration for Deciduonous Teeth”, drg. Aditnya Wisnu P.,Sp.KG(K) dengan materi ” Fundamental Protocol to Create Multi-layering composite resin on anterior restoration”, drg. A. Eron Tondas, Sp.Pros dengan materi Prosthodontics success strategies in digital generation”, drg. Oktri Manessa dengan materi “personal branding dan pengembangan klinik”, drg. M. Novo Perwira L., Sp.RKG(K) “CBCT-3D assessment for supporting clinical diagnosis”. Di hari ke-2 ini dihadiri oleh 102 peserta.

Dalam kesempatan ini, Kaprofesi PSPDG UMY, drg. Erma Sofiani, Sp. KG. mengumpulkan alumni dari Kedokteran Gigi UMY. drg. Laelia Dwi A., Sp.KGA. selaku koordinator, memimpin jalannya pembentukan kepengurusan ikatan alumni Kedokteran Gigi UMY.

Agil Agni Tri Armila  sebagai ketua CDE  ke-6 tahun 2019 dan rekan-rekan mahasiswa profesi angkatan 2017 berikut mahasiswa S1 angkatan 2015  Kedokteran Gigi UMY  melaksanakan kegiatan secara maksimal. Sebagai penanggung jawab penuh atas timnya,  drg. Dyah Triswari, M.Sc., mengapresiasi hasil dari terselenggaranya acara ini.

Gylza Galand Putra, salah satu yang hadir dalam acara itu mengatanan,”Acara CDE ini sangat bermanfaat dalam meng -upgrade ilmu pengetahuan dan skill kedokteran gigi. Semoga kedepannya CDE UMY terus diadakan dan menjadi lebih baik.”