TOBAT (Tanaman Obat Bermanfaat) “ Tanamanku Obatku”

 

Tanaman obat merupakan suatu hal yang mudah ditemukan dilingkungan sekitar kita serta mempunyai potensi yang besar dan bermanfaat, sayangnya pemanfaatannya masih jarang karena belum banyak masyarakat yang tahu cara pemanfaatannya. Contoh tanaman obat antara lain : kumis kucing, ginseng, rimbang, temu lawak, kunyit, dan kayu putih.

Kegiatan TOBAT (Tanaman Obat Bermanfaat) dari MMSA hadir untuk memperkenalkan cara pemanfaatan tanaman-tanaman tersebut. Dalam pelaksanaannya, kegiatan TOBAT (Tanaman Obat Bermanfaat) ini akan diadakan dalam dua sesi.

Sesi yang pertama adalah edukasi kepada Warga Desa Surobayan. Tujuan edukasi ini adalah memberikan pengetahuan kepada warga Desa Surobayan khususnya mengenai cara menanam, merawat, dan memanfaatkan tanaman obat sehingga dapat dipergunakan sesuai dengan khasiatnya.

Sesi kedua adalah Penanaman Tanaman Obat bersama yang akan dilakukan oleh Warga Desa Surobayan. Penanaman bersama ini dimaksudkan agar Warga Desa Surobayan tidak hanya mengerti cara menanam, merawat, dan memanfaatkan tanaman obat secara teori saja namun dengan praktik langsung.

Setelah dilakukan penanaman akan dilakukan follow up berkala untuk melihat keefektifan kegiatan ini sekaligus melihat pertumbuhan dari tanaman yang kita tanam bersama.