Sambutan Dekan

 

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Segala puji dan syukur hanya milik Allah SWT. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Pendidikan profesi kesehatan di lingkungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY meliputi pendidikan kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan dan farmasi, masing-masing terdiri dari 2 tahapan pendidikan yaitu tahap akademik dan tahap profesi. Dalam pencapaian  kompetensi lulusan, Dosen dan pengelola Fakultas dan Prodi tidak hanya fokus pada pengetahuan dan keterampilan saja. Kompetensi sikap dan perwujudan nilai-nilai Islam dalam berinteraksi dengan pasien atau klien perlu diajarkan dan dilatihkan sejak awal pendidikan tahap akademik.Kompetensi sikap dan nilai-nilai islam tidak cukup diujikan pada saat ujian praktik keterampilan klinik dengan integrasi Islam atau  OSCE-I (Objective Structure Clinical Evaluation – Islam), lebih penting adalah internalisasi dalam pengelolaan pasien/klien sepanjang pendidikan tahap profesi. Adanya Pusat Studi Kedokteran Islam (PSKI) sangat penting dalam mengawal perwujudan nilai-nilai Islam pada keilmuan dan kehidupan sehari-hari baik pada mahasiwa, dosen dan semua civitas akademika di lingkungan FKIK.

 

Dengan kemajuan teknologi informasi (TI), pendidikan kedokteran dan kesehatan mengalami perubahan yang dinamis baik dari sisi kebijakan pendidikan dan implementasinya (uji kompetensi secara on line, internship, dll). Pendekatan pembelajaran lebih ke arah blended learning (kombinasi tatap muka di kelas dan melalui internet). Kurikulum tahap akademik Prodi kesehatan FKIK semuanya berbentuk blok dan terdapat integrasi Islam dalam keilmuan. Metode pembelajaran dalam sebagian blok berbasis internet termasuk penugasan dan diskusi.

Web FKIK ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang FKIK UMY, 8 program studi didalamnya, kurikulum, PSKI, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, fasilitas, kegiatan akademik serta non akademik lainnya. Keberadaan web ini juga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memperlancar studinya melalui inovasi pembelajaran melalui els (electronic learning system). Profil dan interes setiap Dosen dapat dipelajari dan menjadi pertimbangan dalam pemilihan topik atau judul skripsi mahasiswa. Kegiatan-kegiatan ilmiah seperti workshop, seminar atau pelatihan juga dapat dengan mudah diketahui oleh mahasiswa dan masyarakat melalui web. Melihat sisi positif ini para mahasiswa dan Dosen diharapkan secara lebih aktif dalam mengakses informasi melalui web dan berkontribusi maksimal dalam pembelajaran berbasis TI sesuai tugas dan kewenangan masing-masing.

Pembelajaran inter profesi atau inter professional education (IPE), juga dikembangkan secara formal dan terstruktur di FKIK UMY baik pada tahap sarjana maupun profesi, dalam rangka membekali mahasiswa dengan kompetensi team work dan leadership. IPE yang menjadi salah satu program unggulan ini erat kaitannya dengan keselamatan pasien (patient safety). Di era patient centered care (PCC) ini, pengelolaan pasien berfokus pada kebutuhan pasien dan dilakukan secara kolaboratif, sehingga kompetensi team work, komunikasi interprofesi dan leadership sangat dibutuhkan.

Akhir kata, marilah semua civitas akademika FKIK UMY merespon tantangan  perubahan dalam pendidikan baik nasional maupun internasional secara positif dengan beradaptasi secepatnya, meningkatkan kapasitas masing-masing demi memajukan FKIK UMY. Semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Aamiiin ya Robbal ‘aalamiin

 

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.