Persatuan SenatMahasiswa KedokteranGigiIndonesia (PSMKGI)merupakansatu-satunyaorganisasimahasiswa Kedokteran Gigise-Indonesiayang mewadahiaspirasidanranahgerakmahasiswa kedokterangigidiIndonesia. Sesuai denganvisi PSMKGI,dimana PSMKGI terbentuk untuk membina mahasiswa   kedokteran gigi sebagaiinsanakademis,intelektual,danbermoralyang bernafaskan pengabdian untukmeningkatkanderajatkesehatan bangsa serta menjalinpersatuandiantara mahasiswa kedokterangigise-Indonesia, ranahgerakPSMKGI tidak hanyabergerakdalambidang pengembangandiridankeorganisasian.PSMKGI jugabergerakdi ranahakademikyang memilikiperansertadalamhalpergerakan perubahannasionalyangterkaitdalamsistem pendidikankedokteran gigisehinggamampudanberkompetenuntukmengabdikandiridemipeningkatanstatuskesehatanmasyarakatIndonesia,terutamadalam bidangkesehatangigi dan mulut.

PSMKGI jugamerupakanwadahuntukmenyatukanseluruh mahasiswa kedokteran gigi dari 31 institusi di seluruh penjuru Indonesiauntukmelebur menjadisatusertameningkatkannilai kekompakandansolidaritasdiantara anggota.Beberapakegiatanrutin yangtelahdilaksanakanPSMKGI sepertiBaktiSosialNasional, Seminar Nasional,MusyawarahNasional,LatihanKepemimpinan ManajerialMahasiswa,Pra MusyawarahNasional,danDiesNatalies PSMKGI berlangsungsuksesdanberhasilmembawaperubahan nasional ke arahyanglebih baik.

Dilatar belakangi hal tersebut, PSMKGI mengadakan Bakti Sosial Nasional (BAKSOSNAS) XV 2015 pada tanggal 24-29 Juli 2015 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan sebagai sarana untuk melatih dan mendorong anggota PSMKGI untuk memiliki rasa kepedulian sosial tang tinggi dan tanggap terhadap keadaan sosial masyarakat dan sekitarnya serta menjalin silaturahmi Kegiatan berlangsung selama enam hari dengan tiga agenda utama. Agenda pertama adalah Acara Pembuka, didalamnya terdapat Seminar Nasional, Forum KOAS FKG se-Indonesia, AFDOGI, Malam Ramah Tamah bersama Gubernur, city tour Floating market dan Cultural night. Agenda kedua merupakan Bakti Sosial Nasional, dimana delegasi akan membaur di masyarakat untuk melakukan dukasi dan kegiatan sosial. Selanjutnya adalah delegasi melakukan penanaman pohon dalam Aksi “aware of environtment”.