Program Pendidikan Profesi Dokter

Program Pendidikan Profesi Dokter

Sekretaris Program Studi Pendidikan Profesi : dr. Suryanto, Sp.PK

17 April 2012

Pengantar

Puji syukur kami haturkan kepada Allah SWT, Sang pengatur kehidupan. Tuhan yang telah menganugerahkan kesempatan dan kemampuan sehingga kita masih diberiNya kesempatan mengantarkan seorang mahasiswa menjadi seorang Dokter.

Pendidikan profesi di Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY), terbagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap pertama adalah rotasi klinik di 13 Bagian Klinik di rumah sakit pendidikan utama dan jejaring yang dilaksanakan selama 80 minggu dan tahap kedua yaitu stase komprehensif di rumah sakit pendidikan jejaring (PKU/RSIA Muhammadiyah).

Proses pendidikan profesi Prodi pendidikan Dokter FKIK UMY mengacu pada visi misi Prodi Pendidikan Dokter FKIK UMY dan Standar kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) yang terdiri atas 7 area kompetensi. Setelah menjalani rotasi klinik, dokter muda harus menjalani ujian kompetensi dokter Indonesia (UKDI) yang diselenggarakan secara nasional. Selanjutnya pelantikan atau pengambilan sumpah dokter dilaksanakan setelah dokter muda lulus dari UKDI.

alur-profesi

Gb 1. Alur pendidikan Program Pendidikan Profesi Prodi Pendidikan Dokter FKIK UMY

 

Kurikulum

Proses pendidikan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan FKIK UMY, mempunyai tujuan akhir yaitu menghasilkan lulusan atau dokter yang mempunyai kemampuan memahami dan menerapkan dasar-dasar Islam, menerapkan kompetensi dasar seorang dokter muslim dan menjelaskan nilai Islam yang terkait dengan kesehatan, dengan kompetensi inti sebagai dokter yang ditetapkan secara nasional pada SKDI. Kompetensi inti seorang dokter terdiri atas 7 area, yaitu :

    1. Komunikasi efektif

Mampu menggali dan bertukar informasi secara verbal dan non verbal dengan pasien pada semua usia, anggota keluarga, masyarakat, kolega dan profesi lain

    1. Keterampilan Klinis

Melakukan prosedur klinis sesuai masalah, kebutuhan pasien dan sesuai kewenangannya

    1. Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran

Mengidentifikasi, menjelaskan dan merancang penyelesaian masalah kesehatan secara ilmiah menurut ilmu kedokteran kesehatan mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum.

    1. Pengelolaan Masalah Kesehatan

Mengelola masalah kesehatan pada individu, keluarga, ataupun masyarakat secara komprehensif, holistik, berkesinambungan, koordinatif, dan kolaboratif dalam konteks pelayanan kesehatan tingkat primer

    1. Pengelolaan Informasi

Mengakses, mengelola, menilai secara kritis kesahihan dan kemamputerapan informasi untuk menjelaskan dan menyelesaikan masalah, atau mengambil keputusan dalam kaitan dengan pelayanan kesehatan di tingkat primer

    1. Mawas Diri dan Pengembangan Diri
  • – Melakukan praktik kedokteran dengan penuh kesadaran atas kemampuan dan keterbatasannya

–┬áMengatasi masalah emosional, personal, kesehatan, dan kesejahteraan yang dapat mempengaruhi kemampuan profesinya

–┬áBelajar sepanjang hayat

– Merencanakan, menerapkan dan memantau perkembangan profesi secara berkesinambungan

    1. Etika,Moral,Medikolegal dan Profesionalisme serta Keselamatan Pasien
  • – Berperilaku professional dalam praktik kedokteran serta mendukung kebijakan kesehatan
  • – Bermoral dan beretika serta memahami isu-isu etik maupun aspek medikolegal dalam praktik kedokteran-

– Menerapkan program keselamatan pasien

Wahana Pendidikan

No Nama RS Keterangan
1. RSU Kota Jogjakarta
2. RSUD Panembahan Senopati, Bantul Terakreditasi B RS Pendidikan Utama
3. RSUD Saras Husada, Purworejo
4. RSUD Tidar MagelangMagelang
5. RSUD Kota Salatiga Terakreditasi B RS Pendidikan Utama
6. RSUD Setjonegoro, Wonosobo
7. RSUD, Temanggung
8. RSU PKU Muhammadiyah, Yogyakarta
9. RSJ Magelang
10. RS Grhasia Pakem, Yogyakarta
11. Puskesmas di wilayah Kodya Yogyakarta dan Kab. Bantul