PRESS RELEASEPROPOSAL KEGIATAN PEMBINAAN DAN PERSIAPAN PENGIRIMAN DELEGASI

 

 

            Pembinaan dan pendelegasian IMO merupakan lanjutan dari SEMAKU Medical Olympiad (SMO) yang merupakan program kerja tahunan Divisi Pendidikan dan Profesi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) SEMAKU FKIK UMY. Kegiatan ini sebagai ajang kompetisi bagi mahasiswa pendidikan dokter dalam bentuk olimpiade. SMO merupakan seleksi yang harus diikuti mahasiswa sebelum akhirnya menjadi perwakilan atau delegasi FKIK UMY dalam Indonesian International Medical Olympiad (IMO).

            Proposal ini terdiri dari dua sub-kegiatan yaitu Pembinaan Delegasi Indonesian International Medical Olympiad 2065, Universitas Pelita Harapan dan Pendelegasian Indonesian Internatioanl Medical Olympiad 2016, Universitas Pelita Harapan.

Pembinaan Delegasi Indonesian International Medical Olympiad 2016, Universitas Pelita Harapan bertujuan untuk mempersiapkan delegasi untuk menghadapi IMO 2016 ini guna mencapai hasil yang maksimal dengan target sebagai pemenang dalam setiap bidang. Pembinaan direncanakan dilakukan dalam kurun waktu 1 Mei – 10 Oktober 2016  oleh dosen yang pakar dalam bidangnya. Pertemuan dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kesepakatan antara mahasiswa dan dosen yang membimbing. Pembinaan yang diharapkan meliputi:

  • Pembahasan soal-soal klinik, pre-klinik, dan kesehatan masyarakat pada setiap bidang
  • Pembahasan soal isian singkat tentang praktik mengenai anatomi, histologi, dan pemeriksaan penunjang pada setiap bidang. Pemeriksaan penunjang dapat berupa specimen patologi anatomi (gross dan histopatologi), patologi klinik, radiologis, mikrobiologis, dan parasitologis
  • Pembinaan Structured Objective Case Analysis and Public Health (SOCA-PH) yang meliputi definisi istilah, rumusan masalah, analisis masalah, hipotesis, sintesis dan kesimpulan, dan manajemen kesehatan masyarakat terhadap kasus-kasus yang umum terjadi dalam bidang masing-masing
  • Pembinaan keterampilan klinik berkaitan dengan masing-masing bidang mulai dari pemeriksaan sampai dengan manajemen

Pendelegasian Indonesian Medical Olympiad 2016, Universitas Pelita Harapan dilakukan pada tanggal 12- 16 Oktober 2015. Lomba IMO 2016 terdiri dari 3 tahap yaitu, Tahap Penyisihan, Semi Final dan Tahap Final.

Tujuan kegiatan ini adalah :

  • Membawa nama PSPD FKIK UMY ke tingkat Nasional.
  • Menempa potensi mahasiswa dalam bidang pendidikan.
  • Membangun jiwa berkompetisi yang sportif dalam diri mahasiswa.
  • Mempererat ikatan persaudaraan dengan seluruh Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia.
  • Sebagai salah satu upaya nyata mahasiswa dalam memberikan dukungan untuk peningkatan akreditasi fakultas dan program studi.
  • Sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap mahasiswa yang berprestasi.

 

Penyelenggara Kegiatan ini adalah Divisi Pendidikan dan Profesi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter “SEMAKU” BEM  FKIK UMY,  yang juga merupakan panitia dalam ajang seleksi delegasi yaitu SEMAKU Medical Olympiad.

 

Sasaran kegiatan ini adalah Pemenang SEMAKU Medical Oympiad dibidang Cardio-Respirasi, Digestif, Urogenito-Reproduksi, Muskuloskeletal dan Neuro-Psikiatri.

 

Waktu dan tempat pelaksanaan pembinaan

Tanggal

Tempat

:

:

1 Mei – 10 Oktober  2016

FKIK UMY

Pendelegasian dan Lomba

Tanggal

Tempat

:

:

12 – 16 Oktober 2016

Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan, Tangerang