Seminar Pelatihan  Emergency Aid in Disaster Viewed by Dental and General Medicine.

 

Seminar Pelatihan merupakan suatu kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bertemakan Emergency Aid in Disaster Viewed by Dental and General Medicine. Kegiatan ini berupa seminar dan pelatihan, yang diikuti oleh mahasiswa/i S1 dan dokter muda dalam bidang kesehatan. Baik itu Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Keperawatan, Farmasi, Kebidanan dan Kesehatan umum lainnya dalam lingkup Jateng dan DIY.  Begitu banyaknya keadaan emergency yang ditemui oleh tenaga medis baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, memotivasi kami selaku Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi untuk membantu teman-teman kesehatan lain dalam menanganai keadaan emergency pada pasien.   Kegiatan ini terdiri dari dua sesi yaitu:

  1. Sesi Seminar

Pada acara seminar ini akan disampaikan materi mengenai peran mahasiswa dan mahasiswi kesehatan dalam meghadapi kecelakaan yang bersifat emergency. Baik dalam keseharian maupun kecelakaan dijalan. Kasus emergency secara umum akan disampaikan oleh dr. Tri Yunanto Arliyono Sp,EM , beliau akan menyampaikan perihal bagaimana cara untuk melakukan tindakan emergency apabila mendapati pasien yang sedang terluka hingga cara penanganannya. Sedangkan untuk emergency dalam bidang kedokteran gigi akan disampaikan oleh drg Masykur Rahmat, Sp.BM ,beliau akan menyampaikan bagaimana tindakan kita apabila mendapati orang dalam keadaan terluka khususnya  pada bagian gigi dan rongga mulut.

  1. Pelatihan

Pelatihan ini berbentuk pelatihan langsung, dimana peserta akan dilatih bagaimana cara melakukan tindakan emergency terhadap orang lain dengan menggunakan media peraga. Setiap peserta akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing fasilitator dari TBM (Tim Bantuan Medis) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan DENRES (Dental rescue).

 

 

PELAKSANAAN KEGIATAN

Tanggal/hari    : Sabtu, 4 Juni 2016

Waktu             : 07.30-15.30 wib

Tempat    :Convention Hall lantai 4, OSCE Center, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta