PRESS RELEASE PHARMACY COMPETITION (PHARMACITO) 2016

 

Pharmacy Competition (Pharmacito) merupakan suatu ajang kompetisi dalam bidang kefarmasian yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai bentuk program kerja pada kepengurusan 2015-2016. Acara ini ditujukan untuk mahasiswa aktif S1 Farmasi dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Dengan target awal peserta sebanyak 20 tim. Pada ajang kompetensi ini, tidak hanya mengasah pengetahuan atau wawasan tentang kefarmasian semata, melainkan juga sebagai ajang belajar dalam hal komunikasi kepada pasien yang nantinya akan sangat berguna saat menghadapi dunia kerja. Selain itu juga sebagai sarana silaturahmi antar mahasiswa farmasi dari seluruh daerah di Indonesia.

Pharmacy Competition ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 April-1 Mei 2016 di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada perlombaan ini meliputi beberapa babak, meliputi: babak penyisihan, babak perempat final, babak semi final dan babak final.

Dibabak penyisihan ini peserta akan diberikan beberapa soal dengan sistem Computer Based Test (CBT) yang hasilnya nanti akan langsung muncul pada komputer masing-masing grup. Dari hasil tersebut, akan diambil 8 grup dengan skor terbaik untuk dapat mengikuti ke babak selanjutnya.

Dibabak perempat final, 8 grup terbaik akan melakukan Patient Conseling Event (PCE) yang meliputi swamedikasi, cara penggunaan alat, dan konseling obat yang masih berhubungan dengan topik. Di babak ini akan diambil 6 grup terbaik untuk masuk pada babak semi final.

Pada babak Semi Final, ke-6 grup terbaik akan menjalani Interprofesional Education (IPE) yang didalamnya para peserta lomba akan menjalani BST dan tutorial. Pada babak ini nantinya akan diambil 3 grup terbaik untuk melanjutkan ke babak final.

Disini 3 grup terbaik akan menjalani Lomba Cerdas Cermat (LCC). Pada LCC ini, peserta akan diberikan beberapa soal wajib, lemparan maupun soal rebutan. Yang nantinya pada akhir babak final ini, skor dari tiap masing-masing grup akan diakumulasi untuk ditentukan pemenangnya.