Press Release

Musyawarah Wilayah 3 Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Tahun 2015

 

Perkembangan pesat dalam dunia kedokteran di Indonesia telah menuntut perhatian tersendiri dari mahasiswa kedokteran sebagai unsur terbesar dalam sistem pendidikan. Tuntutan kompetisi global menjadi arahan dasar munculnya perubahan, termasuk diantaranya perubahan paradigma, wawasan dan pengembangan jiwa kepemimpinan dan manajemen organisasi mahasiswa kedokteran. Tentunya asumsi diatas bisa mengajak kita kembali untuk mengevaluasi segenap proses yang kita jalani, untuk melihat sejauh mana hal yang kita lakukan dalam konsisten menelusuri khittah dan tanggung jawab yang diemban kesemua elemen yang tergabung dalam ISMKI baik peran dan sikap independensi tersebut dapat terjawantah jikalau pemahaman akan nilai dan model metodologis dapat dilakukan dengan baik, untuk itu hal yang pertama untuk dilakukan adalah merubah I’tikad ber ISMKI kita yang tidak sejalan dengan nilai dasar ISMKI dan tetap tunduk pada cita-cita mulia organisasi kita, dan menjadikan perkaderan sebagai ranah yang berkepentingan untuk memproduk kader untuk sampai pada kwalitas yang dinginkan.

Setiap kepemimpinan mempunyai masa dan waktu. Bersamaan dengan penghujung tahun 2015 ini pulalah juga menjadi ujung kepemimpinan dan kepengurusan ISMKI Wilayah 3 kabinet #ISMKI4US tahun kepengurusan 2014-2015 yang dipimpin oleh Rijal Maulana Haqim, mahasiswa pendidikan dokter angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Demi menunjang dan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan ini, maka diadakanlah Musyawarah Wilayah 3 tahun 2015 dalam hal ini penyelenggaranya adalah ISMKI Wilayah 3 yan bekerjasama dengan Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (Sema FK UPR) yang mempunyai tujuan untuk memilih Pemimpin baru ISMKI Wilayah 3 tahun kepengurusan 2015-2016 yang dalam hal ini kami sebut dengan Sekretaris Wilayah (Sekwil) dan memusyawarahkan arah pergerakan ISMKI Wilayah 3 tahun kepengurusan ke depan. Tentunya dalam pemilihan Sekretaris Wilayah ini ISMKI menganut system Musyawarah Mufakat sesuai sila ke-empat dari Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan”.

Kegiatan ini berlangsung di Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimatan Tengah dan dimulai pada hari Jum’at, 11 Desember 2015 sampai dengan Minggu, 13 Desember 2015 dengan agenda:

  1. Sidang Musyawarah Wilayah
  2. Sidang Musyawarah Kerja Wilayah
  3. City tour (opsional)
  4. Joy visiting
  5. Medical Expo

Diharapkan dengan kegiatan ini juga menghasilakan pemimpin yang dapat terus memajukan dan memberikan manfaat ISMKI ke mahasiswa kedokteran Indonesia. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.