PRESS RELEASE

Yogyakarta, 29 November 2016

Muhammadiyah Medical Students’ Activities (MMSA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Adakan Kegiatan World Disable Day (WDD)

Hari internasional penyandang disabilitas setiap tahun diperingati pada tanggal 3 Desember dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kecacatan, hak-hak fundamental para penyandang disabilitas dan integrase para penyandan disabilitas di dalam setiap aspek kehidupan. Tanggal 3 Desember merupakan hari khusus yang ditetapkan PBB sebagai Hari Disabilitas Sedunia. Berdasarkan definisi yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), disabilitas dianggap sebagai kondisi yang menyebabkan gangguan pada hubungan seseoran dengan lingkungan. Menurut WHO, penyandang disabilitas merupakan kelompok minoritas terbesar di dunia. Perlu diketahui juga, anak-anak mengambil porsi sepertiga dari total penyandang disabilitas dunia.

Human Right and Peace Committee (RPCO) dibawah naungan Muhammadiyah Medical Students’ Activities (MMSA) mengadakan kegiatan World Disable Day (WDD) untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dan bakat para disable. World Disable Day (WDD) akan diselenggarakan pada hari Senin, Tanggal 5 Desember 2016 di SLB Negeri 1 Bantul. Kegiatan ini dilakukan dari jam 10.00 dengan rangkaian kegiatan seperti Fashion Show, tari dan musikalisasi puisi. Pementasan oleh para disable ini sebelumnya sudah dilatih oleh member Human Right and Peace Committee (RPCO) yang dilakukan selama 3 hari di waktu pulang sekolah para murid disable.

Khadijah Adha Kamila