MENTION “MEDICATION AND EMERGENCY RESCUE COMPETITION” TBO SEDATIF FKIK UMY

Yogyakarta, 13 dan 20 Maret 2016

MENTION (Medication and Emergency Rescue Competition)merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Tim Bantuan Obat “SEDATIF” prodi farmasi, FKIK UMY. Kegiatan ini diperuntukkan kepada siswa dan siswi SMA Sederajat di Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan terkait dalam keadaan darurat dan bencana alam. Dan juga menambah kemampuan peserta mengenai Basic Life Support dan obat-obatan.

Tujuan Kegiatan

  1. Mempererat tali persaudaraan antara siswa dan siswi SMA Sederajat di Yogyakarta
  2. Menambah pengetahuan terkait dalam keadaan darurat dan bencana alam.
  3. Menambah kemampuan peserta terkait Basic Life Supportdan obat-obatan
  4. Memperkenalkan TBO (Tim Bantuan Obat) ke kalangan SMA Sederajat di Yogyakarta.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 20 Maret 2016. MENTION diperuntukkan kepada siswa dan siswi SMA Se-DIY. Kegiatan ini berupa perlombaan yang berkaitan dengan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) namun sebelumnya akan diberikan materi tentang kegawatdaruratan dan bencana alam yang disampaikan oleh Badan SAR Daerah (BASARDA) dan juga pelatihan mengenai Basic Life Support. Perlombaan ini terdiri dari 3 cabang lomba, yaitu :

  1. Lomba Basic Life Support
  2. Lomba Evakuasi dan Bidai Balut
  3. Lomba menyusun obat-obatan di dalam KIT

Dari ketiga lomba tersebut akan ditentukannya juara umum dengan diadakan Lomba Cerdas Cermat. Lomba ini diadakan karena untuk menambah pengetahuan kepada siswa dan siswi SMA sebagai remaja yang tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan di sekolah tetapi juga bisa mendapatkan ilmu dari luar sekolah mengenai dunia kesehatan ini. Sangatlah penting bagi remaja sekarang ini ketika menghadapi berbagai bencana alam yang terjadi. Kegiatan ini juga bertujuan agar para siswa dan siswi mampu berkontribusi dalam kegawatdaruratan dan bencana alam.