PERS RELEASE ITMSS 12

17 Desember 2015 oleh :

PERS RELEASE ITMSS 12

 

Sejak tahun 2005, Prodi Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) secara rutin mengadakan

program khusus untuk mahasiswa internasional yang disebut International Tropical Medicine Summer School (ITMSS). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Muhammadiyah Medical Students’ Activities (MMSA) yang berafiliasi dengan Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA) dan International Federation of Medical Students’ Association (IFMSA). Program ini bertujuan untuk mempelajari tentang Kedokteran Tropis di Indonesia yang meliputi bidang akademik dan sosial budaya.

Pada tahun ini, ITMSS akan diadakan untuk yang ke-12, yaitu pada tanggal 1 – 18 Agustus 2016 dengan tema “Tropical Medicine in Indonesia’s Primary Health Care System”. Kegiatan ITMSS 12 terbagi menjadi dua bagian yaitu educational program dan non educational program. Educational program akan terbagi lagi menjadi dua bagian yaitu kegiatan community based dan campus based. Kegiatan community based terdiri dari:

  • Puskesmas Visit

Kunjungan ke Puskesmas Gedongtengen, Puskesmas Kasihan I, dan Puskesmas Kasihan II.

  • Hospital Visit

Kunjungan ke RS Panembahan Senopati Bantul.

  • Community Health Center Visit

Bertempat di pusat pelayanan khusus seperti Balai Paru.

  • Community Work

Kegiatan sosial bertempat di daerah endemis.

Sedangkan untuk kegiatan campus based terdiri dari Pretest, Tutorial, Lecture, Forum Group Discussion, dan Skills Lab.

Selanjutnya noneducational program akan terdiri dari:

  • Ceremonial Agenda (Welcoming Ceremony, International Night, dan Farewell Ceremony)
  • Cultural Session (dancing class, music class, martial arts class, dan cooking class)
  • Social Program

Bertempat di berbagai objek wisata di DIY dan Jateng seperti pantai, Jalan Malioboro, Kraton Yogyakarta, Alun-Alun Selatan, Kaliurang, Candi Borobudur dan tempat-tempat lainnya.