Nama Kegiatan

HIPNOTICS (Healing Campaign to Stop Narcotics)

 

  1. Latar Belakang Diadakannya Kegiatan

Health Counseling Team (Healing Team) adalah sebuah organisasi yang bergerak di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM UMY). Organisasi ini bertugas untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat, mengedukasi masyarakat, dan membimbing masyarakat dalam bidang kesehatan sehingga masyarakat menjadi lebih cerdas dan tanggap dalam hal kesehatan.

 

Organisasi ini dikemas secara holistik dari 4 program studi yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY), yaitu Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi. Keempat program studi tersebut akan berintegrasi dan bekerja sama memadukan ilmu dari masing-masing program studi yang selanjutkan akan dikemas menjadi satu dan disuguhkan kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan.

 

Didalam Program Kerja Kepengurusan Health Counseling Team ( Healing Team ) khususnya untuk Divisi Kegiatan terdapat  Tiga Sub-Komponen dari divisi tersebut, yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ), Penyakit-penyakit Tidak Menular ( PTM ) dan Napza ( Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya ). Yang mana disetiap Sub-Komponen dari Divisi Kegiatan tersebut selalu melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan urutan jadwal yang ditentukan. Oleh karena itu sebagai bahan pertimbangannya, ketika kegiatan pengabdian dalam bidang PHBS dan PTM telah dilaksanakan maka tibalah saatnya pengurus dari Health Counseling Team ( Healing Team ) Periode 2014 – 2015 mempersiapkan kegiatan pokok diakhir masa jabatannya guna merealisasikan program kerja yang berupa kegiatan dalam bidang Napza.

 

Kegiatan Napza yang akan kami agendakan InshaAllah pada bulan Mei ini direalisasikan dalam bentuk Seminar dan Talkshow Napza dengan mengangkat Judul HIPNOTICS ( Healing Campaign to Stop narcotics ) yang bertemakan “Bergaul Sehat Tanpa Narkoba”. Dengan judul dan tema yang ada, kami mengharapkan sebuah dampak positif bagi perbaikan moral anak bangsa khususnya dalam ruang lingkup napza. Sehingga dikemudian hari setelah kegiatan ini berlangsung, kami panitia berharap dengan pemuda yang awalnya berpengetahuan terbatas tentang Napza dapat memperluas pengetahuannya, pemuda yang hampir saja ingin mencoba Napza bisa menjadi pemuda yang tergerak untuk menjadi salah satu agen anti-Napza dan pemuda yang sudah terlanjur terjerumus kedalam Napza akhirnya mampu dan ada niat memotivasi diri untuk meninggalkan Napza.

 

Untuk itulah, kami panitia sengaja menjadikan para pemuda ( pelajar SMP-SMA, komunitas yang bergerak dalam bidang Napza serta masyarakat umum ) sebagai sasaran dari kegiatan HIPNOTICS ( Healing Campaign to Stop Narcotics ) periode 2014 – 2015 ini. Semua itu dimaksudkan agar tercapainya secara penuh tujuan kegiatan yang telah kami agendakan jauh-jauh hari sebelumnya.

 

  1. Penyelenggara Kegiatan

Pengurus Health Counseling Team (Healing Team) periode 2014-2015

 

 

  1. Pelaksanaan Kegiatan :              
Hari,tanggal : Minggu, 24 Mei 2015
Waktu : Pukul 07.00 – selesai
Tempat : Auditorium RRI

Jl.Affandi, Gejayan, Yogyakarta, DI Yogyakarta

55222

Sasaran : 100 peserta delegasi dari SMP-SMA se_DIY

20 peserta delegasi dari komunitas peduli Napza

380 peserta dari masyarakat umum

 Deskripsi Kegiatan

Kegiatan HIPNOTICS ( Healing Campaign to Stop Narcotics ) merupakan acara dengan rangkaian konsep Seminar, Talkshow, Mini Konser dan Street Campaign. Dimana dalam acara ini tiket peserta dijadikan dalam bentuk satu paket, sehingga peserta dapat mengikuti rangkaian acara berbeda dalam sewaktu yakni Hari Minggu, 24 Mei 2015.

 

Kegiatan ini akan diawali dengan acara seminar yang mendatangkan seorang pembicara expert langsung dari pihak BNN Provinsi DIY beserta seorang dokter. Kemudian dijeda dengan Mini Konser sebelum masuk ke acara inti selanjutnya yang berupa Talkshow. Dalam Talkshow ini, kami panitia inshaAllah akan mendatangkan beberapa pihak yang terkait dalam bidang napza, seperti survivor ( mantan pecandu ), anggota komunitas peduli Napza serta beberapa expet lainnya yang sering berkecimpung dalam bidang Napza.

 

Acara HIPNOTICS ( Healing Campaign to stop Narcotics ) ini akan diakhiri dengan gerakan Street Campaign, dimana seluruh peserta beserta panitia bergabung untuk melakukan Kampanye Stop Narkotik dengan berjalan kaki sesuai rute yang telah ditentukan oleh panitia dihari sebelumnya.