LOGO (High Resolution)

  1. Judul         : Penelitian PHBS :Dampak Penyuluhan Terhadap Tingkat PengetahuanMasyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
  2. Latar Belakang

Penyuluhan dinilai sebagai salah satu cara efektif untuk mengedukasi masyarakat dan sebagai sarana penyampaian informasi kesehatan kepada masyarakat yang salah satunya contohnya adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Belum adanya penyuluhan yang mencapai tujuan dan pengetahuan masyarakat yang belum meningkat menjadi dasar tim peneliti untuk memperdalam bagaimana dampak penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

  1. Penyelenggara Kegiatan

Pengurus Health Counseling Team (Healing Team) periode 2014-2015

  1. Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan Penelitian I Kegiatan Penelitian II
Hari      : Minggu,14 Desember 2014Waktu             : 06.30 – 11.45 WIBTempat: Dusun Wojo RT 2 Bangunharjo, Sewon, BantulSasaran: Ibu Rumah Tangga di Dusun Wojo Bangunharjo, Sewon, Bantul Hari     : Minggu, 21 Desember 2014Waktu : 05.30 – 10.40 WIBTempat: Perumahan Karangjati RT 12 dan 13, Projo Tamansari, Kasihan, Bantul.Sasaran: Warga Masyarakat Perumahan Karangjati RT 12 dan 13, Projo Tamansari, Kasihan, Bantul
  1. Deskripsi Kegiatan

Kegiatan penelitian ini mencoba menarik minat masyarakat dengan memadukannya dengan kegiatan kreatif seperti senam bersama, lomba-lomba, pemeriksaan tekanan darah gratis, dan pembagian doorprize untuk menarik animo masyarakat. Materi penyuluhan akan dilakuakan secara terintegrasi oleh 4 bidang studi di FKIK UMY yaitu Pendidikan Dokter, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi. Tingkat pengetahuan masyarakat akan diuji dengan menggunakan pre-test dan post-test dengan indikator yang sama. Diharapkan tingkat pengetahuan masyarakat tentang PHBS menjadi lebih baik.