PERS RELEASE COMDEV 2016

12 Januari 2016 oleh :

PERS RELEASE COMDEV 2016

  1. Pelaksanaan Kegiatan

Waktu             :   Januari – Mei 2016

Tempat            : Padukuhan Surobayan, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

  1. Deskripsi Kegiatan
  2. Pre survey

Pre survey dilakukan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan poin SDGs di lokal CIMSA. Data bisa didapatkan dari pihak yang berkaitan dengan SDGs seperti dinkes kota, puskesmas, LSM, dan lain-lain. Dari hasil pre survey lokal menentukan poin SDGs mana yang akan dijadikan fokus proyek.

  1. Perancangan proyek

Perancangan proyek merupakan sinkronisasi hasil survey dengan bentuk proyek; penentuan indikator keberhasilan dan target proyek yang ingin dicapai.

  1. Pelaksanaan proyek di masing-masing lokal
  2. Evaluasi proyek

Evaluasi proyek dilakukan untuk menilai proses yang dilakukan dari perencanaan hingga pelaksanaan proyek.

  1. Follow up melalui post survey

Follow up ini dilaksanakan untuk menilai hasil dari proyek yang dilakukan terhadap sasaran proyek.

Community atau komunitas merupakan sekelompok manusia yang hidup dan saling berinteraksi, serta memiliki kesamaan atau keterikatan dalam hal geografis, sejarah, bahasa, kepercayaan, minat, atau hal-hal lainnya. Kriteria community atau komunitas yang termasuk ke dalam Community Development CIMSA meliputi komunitas dan desa binaan.

Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di desa binaan adalah:

  1. Opening Ceremony

Opening Ceremony merupakan acara awal Community Development di desa binaan MMSA sebagai pembuka seluruh rangkaian project SDGs-Community Development yang dimulai sejak Januari 2016 hingga Mei 2016 kepada masyarakat setempat dengan konsep acara penyuluhan bagi masyarakat setempat – bekerja sama dengan Panitia Medspot dan anggota Karang Taruna Surobayan.

 

  1. MedSpot (Medical Spot)

Medical spot adalah program kerja dari PHCO yang diselenggarakan di Desa Surobayan setiap dua bulan. Di Spot Tensi ini akan ada beberapa pos, seperti pemeriksaan tekanan darah, pengecekan kadar gula darah, asamurat, Body Massa Index dan konsultasi dokter. Selain itu, warga tidak dikenakan biaya sedikit pun.

 

  1. Tobat (Tanaman Obat)

Tobat adalah program kerja dari RPCO yang diselenggarakan di Desa Surobayan mengenai cara menanam, merawat, dan memanfaatkan pohon sehingga dapat bermanfaat dan diikuti dengan penanaman pohon hersama dengan warga desa surobayan. Kegiatan ini diadakan untuk memperingati Earth World Day yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 April 2016. Acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa Surobayan, meningkatkan pemahaman masyarakat Desa Surobayan tentang bagaimana cara mengatasi masalah kesehatan mereka dengan memanfaatkan tanaman obat dan mewujudkan ranah kerja SCORP dalam universal health coverage sebagai bentuk nyata.

 

  1. Penelitian dan pengolahan data

 

  1. Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di komunitas adalah FESTCO.

Festco adalah sebuah project dari SECO yang kegiatannya berbasis belajar mengajar bahasa Inggris yang ditujukan untuk meningkatkan keinginan belajar bahasa Inggris pada anak usia dini, tidak lain karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang cepat atau lambat pasti akan dibutuhkan anak-anak tersebut di masa depan.

  1. Closing Ceremony