BALISTA merupakan salah satu program kerja tahunan Divisi Job Nursing Care Club Emergency yang ditujukan bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSIK FKIK UMY) serta beberapa Institusi keperawatan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Disamping itu kegiatan BALISTA diadakan sebagai syarat utama yang harus diikuti oleh calon anggota NCC Emergency pada perekrutan anggota baru tahun ini.

Kegiatan BALISTA yang dilaksanakan pada hari Minggu, 17 September 2017 dengan tema Traffic Accident Rescue” terdiri dari dua agenda, yaitu seminar dan praktik. Serangkaian proses pertolongan berupa bantuan hidup dasar yang terdiri dari pengkajian awal, status kesadaran, penanganan trauma dan teknik evakuasi yang tepat harus dikuasai oleh seorang calon perawat professional. Nursing Care Club selaku organisasi yang bergerak dalam bidang pertolongan kegawatdaruratan mengadakan Basic Life Support Training (BALISTA) untuk memfasilitasi mahasiswa-mahasiswi keperawatan dalam mendapatkan ilmu mengenai bantuan hidup dasar tersebut.Kegiatan ini menghadirkan pakar-pakar yang sudah lama berkecimpung dalam bidang pertolongan pertama pada kondisi gawat darurat. Melalui BALISTA, mahasiswa keperawatan dapat mendapatkan ilmu dan mempraktikkan secara langsung mengenai bantuan hidup dasar, sehingga apa yang telah dipelajari mampu diserap dengan baik.

Pukul 07.00 peserta sudah datang dan melakukan registrasi dan diarahkan menuju Gedung Ibrahim E6 Lt. 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk menempatkan diri selagi menunggu peserta lain. Pukul  07.30 pemutaran video NCC dan BALISTA. Acara dimulai yang diawali dengan pembukaan , tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars PPNI, sambutan-sambutan, lalu dilanjutkan dengan materi I tentang Initial Assesment pada pukul 08.00 – 08.40, materi II tentang Basic Life Support (BLS) pada pukul 08.40 – 09.20, dan materi III tentang Stabilisasi pada pukul 09.20 – 10.00 . Setelah materi III ini pukul 10.00 – 11.35 diadakan sesi tanya jawab peserta dengan pemateri. Pukul 11.35 – 11.45 ada Ice Breaking berupa hiburan musik dan akustik agar peserta tidak jenuh dan bosan . Tepat pukul 11.45 – 12.00 adalah sesi pembagian kelompok dilanjutkan ishoma sampai pukul 12.30. Setelah itu, peserta diarahkan dengan LO masing –masing kelompok menuju tempat praktik di beberapa tempat dan ruangan di Gedung Ibrahim E6 Lt. 4 . Dalam kegiatan praktik ini dimulai pukul 12.35 – 15.30. Pukul 15.30 – 16.00 peserta melaksanakan shalat Ashar di Gedung Ibrahim E6 Lt. 4. Usai praktik peserta diarahkan kembali menuju Gedung Ibrahim E6 Lt. 5  untuk mengikuti serangkaian acara penutupan pukul 16.00 – 16.30. Lalu, peserta kembali dan pulang ke rumahnya masing-masing.

Pada kegiatan disamping seperti di foto, sedang dilakukannya praktek materi pertama yaitu Basic Life Support ( BLS ) yang di fasilitatori oleh kakak-kakak dari  NCC Emergency FKIK UMY
Pada kegiatan disamping seperti di foto, sedang dilakukannya praktek materi kedua dan ketiga yaitu Stabilisasi dan Initial Assessment (Bidai Balut, Evakuasi) yang di fasilitatori oleh kakak-kakak dari  NCC Emergency FKIK UMY
Pada kegiatan disamping seperti di foto, merupakan foto bersama antara panitia dan peserta BALISTA 2017 setelah semua kegiatan telah selesai.
Pada kegiatan disamping seperti di foto, merupakan foto bersama dengan pemateri BALISTA 2017 setelah pemberian kenang-kenangan.