PERS RELEASE Bakti Sosial Program Studi Pendidikan Dokter Gigi 2016 Jurusan Kedokteran Gigi UMY Angkatan 2013 dengan Dinaungi Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HIMAKAGI) mengadakan Baksos Angkatan 2013

Bakti Sosial Program Studi Pendidikan Dokter Gigi 2016 mengambil tema kegiatan“Sebuah Langkah Kecil untuk Senyum Terindahmu”. Kegiatan diadakan pada jum’at sampai minggu, 27-29 Mei 2016. Diadakan dengan sasaran masyarakat Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.
Tujuan kegiatan ini adalah turut membantu memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang kurang mampu akan pelayanan kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut, mampu memberikan pelayanan kedokteran dan kesehatan gigi yang sesuai standar pelayanan kesehatan bagi masyarakat, meningkatkan peran dokter gigi dan akademisi bidang kedokteran gigi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dosen dan mahasiswa dapat memberikan pemikiran berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya untuk menumbuhkan dan mempercepat gerak pembangunan serta mempersiapkan kader-kader pembangunan khususnya di bidang kesehatan, dan mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Kedokteran Gigi maupun antara dosen dan mahasiswa serta menumbuhkan sense of belonging terhadap Prodi Kedokteran Gigi UMY
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa kedokteran gigi angkatan 2013, 2014, dan 2015 bekerja sama dengan staf pengajar Prodi Kedokteran Gigi UMY. Dengan target sebagai berikut :
• Pengobatan (secara umum) : 400 pasien
– Ekstraksi : 150 pasien
– Premedikasi : 100 pasien
– Penumpatan : 100 pasien
– Topikal Aplikasi Fluor (TAF) : 50 pasien
– Protesa : 10 pasien
• Sembako & bazaar : 350 paket
• Games & penyuluhan : 200 anak
• Kaderisasi ibu-ibu PKK : 20 orang
Promosi kegiatan dalam bentuk hiburan yang diminati oleh warga yang bertujuan untuk menarik antusiasme warga, pengajian sebagai pembukaan rangkaian acara, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, kaderisasi ibu-ibu PKK mengenai kesehatan gigi dan mulut serta PHBS, bilik Komunikasi Kesehatan, menyediakan ruang komunikasi untuk warga mengenai masalah kesehatan. Penyuluhan dilaksanakan oleh tim penyuluh dari mahasiswa Kedokteran Gigi dengan materi penyuluhan berupa anatomi gigi dan mulut, penyakit gigi dan mulut, makanan yang menyehatkan bagi gigi dan mulut, cara menyikat gigi yang baik dan benar
Selain itu juga diadakan pemeriksaan, pengobatan, perawatan gigi dan mulut yang dilakukan oleh dokter gigi muda dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta didampingi oleh co-asisten dokter dari mahasiswa Kedokteran Gigi, yang akan dilaksanakan selama 2 hari.
Untuk membantu dan sodaqoh kepada masyarakat Hargomulyo juga akan diberikan bazar dan sembako murah. Bazar murah berupa pakaian layak pakai yang dikumpulkan dari mahasiswa dan dosen Kedokteran Gigi UMY. Sembako berupa beras, minyak goreng, gula dan mie instan, dibagikan kepada 350 Kepala Keluarga. Pelayanan pembuatan gigi tiruan sebagian merupakan inovasi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan taraf kesehatan dan mengenalkan dunia kedokteran gigi kepada warga yang kurang mampu.
Dan harapan kami jumlah pasien adalah 400 pasien dan masyarakat dapat lebih memahami dan mengerti mengenai cara perilaku hidup bersih dan sehat.