Mahasiswa Kedokteran Gigi Angkatan 2015 FKIK UMY melakukan pengabdian masyarakat dengan tema “Langkah Kecil, Aksi Nyata Sehatkan Indonesia” pada hari Jum’at, 11 Mei 2018 – Ahad, 13 Mei 2018 di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Rangkaian acara meliputi jalan sehat pada hari Ahad, 6 Mei 2018 dan Jum’at, 11 Mei 2018 dilaksanakan pengajian di Masjid Al Ikhwan. Kegiatan utama berupa pengobatan umum, pengobatan gigi dan mulut dalam 2 hari yaitu Sabtu, 12 Mei 2018 dan Minggu, 13 Mei 2018 dimulai pukul 08.00-15.00 WIB. Beberapa rangkaian acara yang lainnya adalah pentas seni ketoprak dan tari tradisional, bazar murah, sembako murah, penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut untuk anak SD N 1 Banyuroto serta kaderisasi ibu-ibu PKK.

Pengabdian masyarakat ini bekerjasama dengan dokter umum yang bertugas di poli umum; dokter gigi, yaitu dosen KG UMY sebagai supervisor; co-ass dan beberapa dokter gigi alumni sebagai operator. Adapun perawatan gigi yang dilakukan berupa pencabutan gigi dewasa dan anak-anak, perawatan saluran akar, fissure sealent, topikal aplikasi fluor, scalling (pembersihan karang gigi), pemasangan gigi tiruan sebagian lepasan dan penumpatan gigi. Perawatan umum meliputi pemeriksaan tekanan darah dan pengobatan sederhana, jumlah pasien pada pengobatan umum yaitu 289 pasien sedangkan  jumlah pasien dari masing-masing perawatan gigi dan mulut pada hari pertama dan kedua yaitu:

 

a.      Pencabutan gigi dewasa : 161 pasien
b.     Pencabutan gigi anak : 43  pasien
c.      Perawatan saluran akar : 2  pasien
d.     Pembersihan karang gigi(scaling) : 7  pasien
e.      Penumpatan gigi : 4  pasien
f.      Pemasangan gigi tiruan sebagian lepasan : 5 pasien
g.     Topikal aplikasi fluor : 189 pasien
h.     Fissure sealent : 19 pasien
i.       DHE (Dental Health Education) : 331 pasien

Acara ini dapat dikatakan sukses karena jumlah pasien melebihi target awal yaitu 600 pasien serta antusias dari masyarakat yang tinggi. Jumlah pasien dewasa pada hari pertama yaitu 313 pasien. Jumlah pasien dewasa pada hari kedua yaitu 127 pasien dewasa. Jumlah pasien anak yaitu 282 pasien. Jadi, total pasien selama dua hari adalah 722 pasien.

Kegiatan ini rutin lakukan setiap tahun dengan tempat yang berbeda. Adapun kegiatan ini didukung olwh Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HIMAKAGI), Program Studi Kedokteran Gigi, Program Studi Profesi Dokter Gigi, Alumni dokter gigi UMY, Rumah Sakit Gigi dan Mulut UMY, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan pihak Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pengabdian masyarakat ini bernilai spesial karena menyediakan perawatan gigi spesialistik/khusus berupa perawatan saluran akar, pembuatan gigi tiruan lepasan sebagian, pembersihan karang gigi dan penambalan sewarna gigi.

Dua bulan sebelum kegiatan pengabdian dilaksanakan mahasiswa co-ass melakukan screening awal untuk melakukan pendataan pasien yang memerlukan perawatan khusus. Foto screening awal dilaksanakan H-2 bulan sebelum kegiatan berlangsung.

Pasien yang memerlukan perawatan khusus akan diinstruksikan untuk datang kembali pada Hari–H untuk dilakukan perawatan sesuai indikasi berupa perawatan saluran akar, pembuatan gigi tiruan sebagian lepasan, pembersihan karang gigi atau penambalan sewarna gigi.

Kegiatan ini disupport oleh PT. Indah Kiat Pulp & Paper, PT. Centra Raya Madani, Sikat Gigi Formula, GC, Sinar Wijaya Dental Supply, dan Cobra Dental dengan memberikan bantuan dana serta bahan-bahan untuk pengobatan gigi dan mulut sehingga bakti sosial ini dapat berjalan dengan lancar.