Pengetahuan mahasiswa baru prodi pendidikan dokter, dokter gigi, keperawatan dan farmasi perlu ditingkatkan secara terus-menerus untuk memenuhi harapan masyarakat yang menuntut kualitas pendidikan yang tinggi. Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu cara untuk meningkatan kualitas dokter yang dihasilkan oleh universitas. Salah satunya adalah bidang kegawatdaruratan.Kemampuan lulusan FKIK dalam hal ilmu kegawatdaruratan perlu ditingkatkan.Terdapat 8 FK PTM dengan mahasiswa baru kurang lebih 800 orang, dengan jumlah lulusan tiap tahun tidak kurang dari 400 dokter baru.Diharapkan dengan peningkatan kualitas pendidikan, lulusan FK PTM mumpuni dalam ilmu kegawatdaruratan.

III. NAMA KEGIATAN

Pelatihan Basic Life Support (BLS) P0

IV. TUJUAN KEGIATAN

Tujuan umum :

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kegawatdaruratan seluruh calon dokter FKIK UMY

Tujuan Khusus :

  • Memberikan pelatihan dan kursus kegawatdaruratan bagi mahasiswa baru, yaitu :   o Pelatihan Basic Life Support (Product O)

VII. PELAKSANAAN KEGIATAN

  • Training of Trainer (TOT)

Hari, tanggal : Selasa, 2 September 2014 Pukul   : 06.00 – 14.00 WIB

Tempat   : Mini KG 1

  • Pelatihan BLS

Hari, tanggal : Kamis-Sabtu, 4-6 September 2014 Pukul   : 05.30 – 16.30 WIB

Tempat : Amphitheater

VIII. DESKRIPSI KEGIATAN

  • Training of Trainer merupakan sebuah pelatihan yang bertujuan untuk melatih sekaligus menyamakan persepsi terhadap materi yang akan diajarkan kepada mahasiswa baru. Dokter yang memberikan materi adalah dr. Tri Yunanto Arliono Sp.EM dibantu dengan 6 asisten dari PKU Muhammadiyah. Terdapat 2 sesi pelatihan, yakni materi perkuliahan kemudian dilanjutkan dengan praktik menggunakan manekin. Untuk mengetes kelayakan trainer, dilakukan ujian.

 

  • Pelatihan BLS P0 merupakan pelatihan yang ditujukan kepada mahasiswa baru FKIK 2014/2015. Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian dari MATAF 2014/2015. Pelatihan ini diawali dengan materi kuliah BLS oleh dr. Tri Yunanto Arliono Sp.EM, kemudian dilanjutkan dengan praktik BLS (RJP) yang dipandu oleh trainer dan instruktur dari PKU Muhammadiyah, dan ujian kelulusan yang dinilai oleh trainer melalui checklist untuk mendapat sertifikat.

4 po1 po

2 po

3 po