Pendidikan Dasar merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan open recruitment yang ditujukan bagi calon anggota baru Nursing Care Club (NCC) Emergency Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu syarat untuk menjadi anggota NCC Emergency yang telah dilaksanakan pada Sabtu, 7 Oktober 2017 sampai  Minggu, 8 Oktober 2017 dengan jumlah peserta 17 mahasiswa di ruang PSIK 1 dan 2 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan di Bumi Perkemahan Goa Payaman, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 07 Oktober 2017 pukul 16.00-21.00 WIB di ruang PSIK 1 dan 2 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  dan pada Minggu, 08 Oktober 2017 pukul 04.00-18.00 WIB di Bumi Perkemahan Goa Payaman, Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Tema yang diangkat pada  Pendidikan Dasar ini adalah Perkembangan Menuju Pembaharuan karena  anggota aktif NCC Emergency berharap agar calon anggota baru NCC Emergency bisa menjadi tenaga medis yang memiliki ilmu dan keterampilan medis secara profesional dalam bidangnya serta siap mengabdikan diri kepada masyarakat. Panitia kegiatan ini terdiri dari semua anggota aktif  NCC Emergency.

Berbagai narasumber diundang dalam kegiatan tersebut demi mendukung kelancaran acara. Beberapa rangkaian acara Pendidikan Dasar ini diisi dengan penyampaian materi tentang sejarah, visi-misi, dan arti lambang dari NCC Emergency yang disampaikan oleh Nopryan Ekadinata, S.Kep., Ners. , materi tentang kepemimpinan dasar yang disampaikan oleh Riko Dasilfa, S. Kep., Ners. , serta OSCE (Objective Structured Clinical Examination) dengan materi Basic Life Support, Bidai Balut, Ketimkesan, Vital Sign, Evakuasi serta Latihan Bencana. Diakhir kegiatan, dilakukan upacara pelantikan anggota baru NCC Emergency untuk meresmikan anggota baru sebagai anggota aktif NCC Emergency yang berjumlah 17 orang.

 

Penyampaian materi tentang sejarah, visi-misi, dan lambang dari NCC Emergency yang disampaikan oleh Nopryan Ekadinata, S.Kep., Ners.
Materi kepemimpinan dasar yang disampaikan oleh Riko Dasilfa, S. Kep., Ners.
OSCE terkait dengan Vital Sign calon anggota baru NCC Emergency
sedang dilakukan OSCE terkait dengan evakuasi
sedang dilakukan OSCE terkait dengan BLS bagi calon anggota baru NCC Emergency
sedang dilakukan OSCE terkait dengan bidai balut bagi calon anggota baru NCC Emergency
OSCE terkait dengan ketimkesan seperti penganganan  keadaan gawat darurat pada kecelakaan,bencana alam dan lainnya.
kegiatan mini simulasi bencana
  upacara pelantikan calon anggota baru NCC Emergency untuk meresmikan bahwa mereka telah resmi menjadi bagian dari anggota aktif NCC Emergency.