NCC Emergency Program Studi Ilmu Keperawatan FKIK UMY mengadakan Pendidikan Dasar Angakatan VIII NCC Emergency

 

Kegiatan pendidikan dasar ini bertema Action To Be Leader. Yang dilaksanakan di DodiLakpur Palian Gunung KIdul pada tanggal Sabtu-Minggu,19-20 November 2016, mulai jam 17.00 – 20.00 WIB. Peserta yang mengikuti pendidikan dasar ini adalah seluruh anggota aktif NCC Emergency dan 25 calon anggota baru angkatan VIII NCC Emergency.Acara ini diselengarakan untuk menumbuhkan semangat berjuang dan keberpihakan anggota Nursing Care Club EMERGENCY, serta memberikan gambaran bagi anggota baru tentang ranah kerja Nursing Care Club Emergency (NCC Emergency).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu sabtu dan minggu. Pada hari sabtu, kegiatan ini diawali dengan pemberangkatan sebagian panitia pada pukul 16.00 WIB ke lokasi kegiatan. Pemberangkatan ini ditujukan untuk panitia yang berperan dalam mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan di tempat kegiatan berlangsung. Disamping itu, terdapat beberapa panitia yang bertugas untuk mempersiapkan kegiatan di kampus.

Pendidikan dasar ini dimulai dengan mengumpulkan calon anggota NCC Emergency Angkatan VIII pada pukul 16.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh pembina NCC Emergency dan Bagian Kemahasiswaan PSIK FKIK UMY. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang sejarah NCC Emergency,materi Visi Misi NCC Emergency, Materi Keorganisasi dan penjelasan tentang ranah kerja NCC serta divisi-divisi yang terdapat didalamnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengumpulkan calon anggota NCC Emergency angkatan VIII pada hari minggu pagi untuk persiapan menuju ke lokasi kegiatan yaitu di Dodiklatpur Paliyan,Gunung Kidul. Peserta menuju lokasi dengan menggunakan Mobil BNPB Kota Yogyakarta dan diikuti oleh beberapa panitia. Kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan barang, sarapan dan tracking. Peserta akan diuji beberapa materi pada posko di tracking ini. Kemudian dilanjutkan dengan OSCE tentang TTV,BLS,Bidai Balut dan Ketimkesan. Selanjutnya adalah kegiatan simulasi bencana oleh seluruh anggota NCC Emergency dan Anggota Baru NCC Emergency dan diakhiri dengan kegiatan pelantikan Anggota NCC Emergency Angkatan VIII.