MMSA UMY Kembali Hadirkan ITMSS ke-13

19 Agustus 2017 oleh :

International Tropical Medicine Summer School  atau yang biasa disingkat ITMSS adalah sebuah acara internasional yang digagas oleh Muhammadiyah Medical Students’ Activities (MMSA), salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan di Program Studi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Diklaim sebagai summer school pertama dan terbesar di Indonesia, tahun ini ITMSS kembali dilaksanakan untuk yang ke 13 kalinya. Berpusat pada daerah Yogyakarta, ITMSS ke-13 kali ini membawakan tema “Indonesian Progress to Develop Tropical Medicine in Health Care System”. ITMSS sendiri bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penyakit tropis dan membangun kesadaran peserta akan pentingnya mengaplikasian ilmu dalam berbagai kasus penyakit tropis.

Pada tahun 2017 ini, ITMSS ke-13 sukses dilaksanakan dari tanggal 31 Juli hingga 18 Agustus 2017 dengan jumlah peserta sebanyak 17 orang yang berasal dari berbagai negara, diantaranya Jerman, Turki, Arab, Slovakia, dan sebagainya. ITMSS tersusun dari beberapa program yang mengambil tempat di dalam dan luar kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Program yang dilaksanakan di dalam kampus bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai penyakit-penyakit yang kerap terjadi di negara tropis, sedangkan program yang di luar kampus bertujuan untuk menambah wawasan peserta dan memberikan kesan langsung berinteraksi dengan penyakit tropis yang kerap terjadi di Indonesia.

ITMSS diawali dengan Welcoming Party yang bertujuan untuk mengeratkan peserta ITMSS. Kemudian peserta akan menjalankan program yang diadakan di dalam kampus, seperti Lecture dan Lab Practice. Kegiatan dalam kampus akan diselingi dengan kegiatan luar kampus yaitu Clinical Visit dimana peserta diajak untuk mengunjungi rumah sakit, puskesmas, dan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat yang bertujuan untuk memperkenalkan Yogyakata dan Cultural Session yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya dari negara asal partisipan.

Lecture

Clinical Visit

Lab Practice