Join Pengmas

Kesempatan kali ini mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan UMY angkatan 2012 yang terdiri dari 7 mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat pada hari Jumat 30 Oktober 2015 yang bekerjasama dengan mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan tema “Perawatan dan Pemeriksaan Gigi dan Mulut pada Pasien Diabetes Mellitus” yang diadakan di RUMPI PENDIAM (Rumah Peduli Penderita Diabetes Mellitus) yang terletak di Dusun Tlogo Desa Tamantirto Kasihan Bantul. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari Inter Profesional Education (IPE) yang merupakan unggulan dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

Pengabdian Masyarakat ini merupakan suatu kegiatan yang rutin dilakukan oleh Dosen Ilmu Keperawatan dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan FKIK UMY. Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh Ibu Ema Waliyanti, S.Kep., Ns,. MPH selaku Dosen pembimbing “Pengmas ini dilaksanakan di Dusun Tlogo karena jumlah penderita diabetes mellitus cukup banyak. Alasan memilih tema perawatan dan pemeriksaan gigi dan mulut karena pada penderita diabetes mellitus rentan terkena penyakit gigi dan mulut. Sesuai hasil pemeriksaan ditemukan adanya gigi yang sudah mengalami perdarahan gusi, sariawan serta caries gigi. Ibu Ema Waliyanti S.Kep., Ns,. MPH menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut lebih lanjut ke Asri Medical Center yang beralamat di jalan Hos Cokroaminoto, Wirobrajan Yogyakarta.

Senada yang disampaikan oleh Ibu Ema Waliyanti, Zerlinda (21) mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan UMY angkatan 2012 mengungkapkan “Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan melakukan pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan kadar gula darah dan pemeriksaan gigi dan mulut yang dilakukan oleh mahasiswa Kedokteran Gigi. Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan terkait dengan masalah-masalah yang muncul pada gigi dan mulut yang sering terjadi pada penderita diabetes mellitus. Salah satu masyarakat mengharapakan pada setiap bulan bisa dilakukan kegiatan penyuluhan kesehatan terkait penyakit Diabetes Mellitus.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Ilmu Keperawatan UMY yang dilakukan di RUMPI PENDIAM Dusun Tlogo Desa Tamantirto Kasihan Bantul rencananya akan dilakukan secara berkelanjutan dengan tema yang berbeda seperti perawatan kaki DM, Senam kaki DM, Pemeriksaan Kaki pada penderita DM, Diet untuk pasien DM, Yoga pada penderita DM dll. Pada kesempatan kali ini mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan FKIK UMY membagikan sikat gigi berbulu halus dan dental floos kepada penderita diabetes mellitus.

[Arif Wahyu]