Upaya promotif dan preventif perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit tidak menular. Saat ini masyarakat masih mempunyai pikirian kalau tidak sakit tidak perlu ke pelayanan kesehatan. Berangkat dari fenomena itu Program Studi Profesi Ners (PSPN) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di Dusun Tangkilan Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro Bantul. Kegiatan ini mengambil tema “Dusun Tangkilan Menuju Sehat Sejahtera”
Dinasti Pudang Binoriang, M.Kep., Ns., Sp.Kep.Kom selaku dosen pembimbing saat ditemui menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dari hasil pengkajian dan diskusi yang dilakukan selama 2 bulan oleh mahasiswa Profesi Ners Stase Komunitas yang diketuai oleh M. Soulthon. Hasil pengkajian tersebut didapatkan hasil bahwa masyarakat Dusun Tangkilan banyak yang terkena penyakit tidak menular (Hipertensi dan Diabetes Mellitus) dan kurang melakukan aktifitas fisik. Soulthon juga menambahkan bahwa kegiatan ini adalah puncak dari kegiatan yang dilakukan oleh kelompoknya, adapun kegiatan yang sudah mereka lakukan adalah pelatihan bagi kader posyandu lansia dan balita, senam hipertensi dan diabetes mellitus setiap hari Selasa, penyuluhan kesehatan terkait penyakit tidak menular, dan kerja bakti.
Andi Kurniawan selaku kepala Dukuh Dusun Tangkilan mengungkapkan bahwa baru kali ini di Dusunnya ada praktik mahasiswa Profesi Ners. Andi sapaan akrab beliau mengatakan bahwa warganya senang dan antusias dengan program yang dilakukan oleh mahasiswa karena meraka jadi tahu kondisi kesehatan dan dapat melakukan pencegahan supaya tidak bertambah sakit. Saya berterima kasih kepada profesi ners UMY yang telah melakukan praktik kesehatan di dusunnya, dan saya berharap kegiatan yang dilakukan dapat berdampak positif bagi kesehatan warganya.
Puji Hartanto, S.Kep dari Puskesmas Bambanglipuro mengatakan senang dengan adanya mahasiswa Profesi Ners UMY, karena program-program yang dibuat selaras dengan program yang ada di Puskesmas Bambanglipuro. Dengan adanya kegiatan ini Puskesmas Bambanglipuro juga terbantu dalam menskrining kesehatan masyarakat. Selain melakukan kegiatan ini, mahasiswa juga mengadakan aksi donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bantul. Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik karena bekerjasama dengan berbagai pihak yaitu; Desa Sumbermulyo, Puskesmas Bambanglipuro, PMI Bantul dan Warga Dusun Tangkilan. (DPB)