Pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan masayarakat yang sehat terus diupayakan melalui pengembangan Usaha Kesehatan Berbasi masyarakat (UKBM). Kegiatan difokuskan pada promotive dan preventif masyarakat yang berada di Dusun Siten Sumbermulyo Bambanglipuro. Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh Mahasiswa Profesi Ners angkatan XXVI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sumbermulyo dan Puskesmas Bambanglipuro.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Tegar Ajitama, S.Kep, adapun kegiatan yang dilakukan terkait penyuluhan kesehatan hipertensi, diabetes mellitus, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), penyuluhan gizi, senam hipertensi, senam diabetes mellitus, gotong royong, penanaman tanaman obat keluarga, penyuluhan UKS, serta pelatihan manajemen posyandu lansia pada kader.
Dinasti Pudang Binoriang, M.Kep., Ns., Sp.Kep.Kom selaku dosen pembimbing saat ditemui menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dari hasil pengkajian dan musyawarah yang dilakukan oleh mahasiswa Profesi Ners Stase Komunitas bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat Dusun Siten. Program UKBM yang dilakukan oleh mahasiswa tidak lepas dari program yang ada di Puskesmas Bambanglipuro. Puji Hartono, S.Kep selaku pembimbing dari Puskesmas Bambanglipuro juga menyebutkan bahwa program yang dilakukan sesuai dengan program yang ada di Puskesmas Bambanglipuro, harapannya dengan adanya program ini dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Dusun Siten.
Acara puncak dalam kegiatan ini dilakukan dengan menyelenggarakan jalan sehat, senam pagi, cek kesehatan dan launching Duta Setoga. Duta Setoga merupakan singkatan dari “Dusun Tanam Seribu Tanama Obat Keluarga”. H. Purwanto selaku kepala Dukuh Dusun Siten berharap dengan adanya program yang dibuat oleh mahasiswa Profesi Ners UMY dan launching Duta Setoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dusun Siten khususnya tentang kesehatan. (DPB)