BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) wilayah DIY menyelenggarakan Pemilihan Duta GenRe DIY 2019 dengan tema “Menyiapkan Pribadi Kawah Candradimuka di Era Digital”. Dalam Pemilihan Duta GenRe DIY, seluruh finalis ditantang menjadi role model untuk remaja yang lain khususnya remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan cara memberikan edukasi dan informasi agar menjadi remaja yang berkualitas.

Pemilihan Duta GenRe DIY 2019 melalui beberapa tahap yaitu, registrasi online, pengumpulan berkas, technical meeting, tes tulis, interview, tes bakat, bakti GenRe, karantina dan grand final. Kegiatan Duta GenRe ini sangat luar biasa. Karena para peserta dididik kedisiplinan, kekeluargaan, dan saling menghargai. Grand Final Duta GenRe DIY 2019 yang berlangsung di Hotel Grand Dafam Rohan Sleman, Sabtu (3/8/2019).

Dari ribuan peserta, 200 orang peserta dinyatakan lolos seleksi administratif. Pada seleksi lanjutan terpilih 60 orang dari berbagai PIK Remaja di Yogyakarta dan diseleksi lagi menjadi 30 peserta berhak maju ke grand final. Niken Ayu Pramitasari (Niken), yang juga mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan FKIK UMY angkatan 2018 berhasil lolos mewakili PIK M JARIMULIA Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Alhamdulillahirabbil ‘alamin Niken mendapatkan juara atribut Duta GenRe DIY 2019 Favorit Putri.

Motivasi Niken mengikuti pemilihan Duta GenRe yaitu akan menyebarkan virus kebaikan yang berkaitan dengan generasi berencana di kalangan generasi muda secara menyeluruh khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai penyambung dari BKKBN kepada generasi muda di seluruh Indonesia agar memiliki pemahaman yang baik tentang keluarga berencana, kependudukan, dan pembangunan keluarga”. Salam GenRe