Laporan Kegiatan Penelitian

DAMPAK PENYULUHAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT

MENGENAI PENYAKIT TIDAK MENULAR : DIABETES MELITUS & HIPERTENSI

Oleh Healing Team Pada Tanggal 5 April 2015

 

Kegiatan penelitian Dampak Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Penyakit Tidak Menular : Diabetes Melitus & Hipertensi ini telah dilaksanakan oleh Healing Team UMY pada tanggal 5 April 2015 di 2 tempat secara bersamaan, yaitu di Dusun Tlogo, Kasihan, Bantul dan Balai Masyarakat Gamping Lor RW 11 Ambarketawang, Gamping, Sleman. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur seberapa jauh dampak yang akan ditimbulkan dari adanya penyuluhan mengenai Penyakit Tidak Menular terhadap pengetahuan masyarakat, secara lebih khususnya yaitu mengenai penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus.

Penelitian ini dilaksanakan dengan mengadakan pre-test sebelumnya lalu dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai materi Hipertensi dan Diabetes Melitus dan diakhiri dengan post-test. Pre-test dan post-test dilakukan dengan menggunakan soal yang sama dan kemudian perbandingan nilai dari kedua tes tersebut akan menjadi acuan penilaian akan adanya dampak dari penyuluhan ini terhadap pengetahuan masyarakat mengenai topik terkait.

Kegiatan dimulai dengan pendaftaran peserta serta pembagian kupon untuk menukarkan snack, melakukan pemeriksaan Gula Darah Sesaat dan Hipertensi serta untuk pengundian doorprize bagi yang beruntung. Setelah itu acara dibuka dan dilanjutkan Sambutan Ketua Pelaksana serta dari Dukuh setempat. Dilanjutkan senam Diabetes bersama, istirahat sejenak dan Penyuluhan Diabetes dan Hipertensi dimulai.

senam diabetes

 

Penyuluhan ini berperan sebagai acuan utama dalam penelitian ini dan merupakan acara inti. Acara lain yang diadakan adalah stand kesehatan gratis seperti tensi darah, pengukuran BMI dan pemeriksaan Gula Darah Sesaat. Selain itu ada demo masak, masyarakat telah melihat cara pembuatan masakan dengan cara yang sehat dan murah juga makanan pencegah diabetes. Dan ada lomba menebak lagu untuk kami adakan sebagai sarana penghilang stress. Sebagai ice breaking diadakan pembagian doorprize.

senam diabetes 2