KEGIATAN PELATIHAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DISLIPIDEMIA DAN GOUT ATHRITIS

OLEH: HEALTH COUNSELING TEAM

Health Counseling Team (Healing Team) adalah sebuah organisasi yang bergerak di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM UMY). Organisasi ini bertugas untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat, mengedukasi masyarakat, dan membimbing masyarakat dalam bidang kesehatan sehingga masyarakat menjadi lebih cerdas dan tanggap dalam hal kesehatan.

Organisasi ini dikemas secara komprehensif dari 4 program studi yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY), yaitu Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi. Keempat program studi tersebut akan berintegrasi dan bekerja sama memadukan ilmu dari masing-masing program studi yang selanjutkan akan dikemas menjadi satu dan disuguhkan kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan.

Dengan adanya gabungan dari 4 program studi di FKIK UMY ini, sangat dibutuhkan komunikasi dan hubungan yang kuat antar sesama anggota dalam organisasi ini. Hal tersebut melatarbelakangi diadakannya Pelatihan PenyakitTidakMenular (Gout ArthritisdanDislipidemia)”. Kegiatan ini merupakan suatu wadah untuk berinteraksi dan menambah wawasan anggota serta menjadi suatu tempat untuk melatih kemampuan menyuluh masing-masing anggota sehingga dapat membantu perkembangan para anggota Health Counseling Team (Healing Team), baik secara pribadi maupun tim.

Melalui Pelatihan PenyakitTidakMenular (Gout ArthritisdanDislipidemia) ini diharapkan nantinya pengetahuan tentang penyakit tidak menular khususnya Gout Arthritis dan Dislipidemia dari anggota Health Counseling Team (Healing Team) akan menjadi semakin luas. Modal pelatihan yang diberikan pun diharapkan akan membantu setiap anggota dalam melakukan penyuluhan nantinya sehingga dapat terlaksana dengan baik dan tepat.

Kegiatan Pelatihan Penyakit Tidak Menular ini mengambil Tema Change and Control dengan fokus penyakit Dislipidemi dan Gout Athritis. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah wawasan secara mendalam anggota Healing Team tentang Penyakit Tidak Menular khususnya Kolesterol dan Gout Arthritis. Kegiatan ini berguna untuk memberikan pembakalan pada anggota dalam melakukan Kegiatan Penyuluhan Penyakit Tidak Menular kelak. Kegitan Penyuluhan Penyakit Tidak Menular ini dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2015 di Mini KG 3 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan peserta anggota Healing Team periode 2015-2016.

Acara dimulai dengan Registrasi Peserta Pelatihan kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran. Setelah pembacaan ayat suci Al-Quran dilaksanakan penyampaian materi oleh pemateri. Setelah itu kita melakukan kegiatan ice breaking dilanjutkan praktek pemeriksaan kolesterol dan Asam Urat. Dan ditutup pada pukul 12.00