Resume Kegiatan BALISTA ( Basic Life Support Training ) NCC ( Nursing Care Club )

 

Basic Life Support (BLS) merupakan bantuan hidup dasar yang diberikan pada kondisi gawat darurat yang dapat mengancam jiwa.Sumbatan jalan nafas akibat perdarahan massive yang terjadi, tersedak benda asing, atau pun luka bakar yang  luasnya lebih dari 70% seringkali membuat seseorang gagal untuk bernafas secara normal dan mendapat oksigen yang dibutuhkan.

 

Serangkaian proses pertolongan berupa bantuan hidup dasar yang terdiri dari pengkajian awal, status kesadaran ( GCS ) , penanganan trauma dan teknik evakuasi yang tepat harus dikuasai oleh seorang calon perawat professional. Nursing Care Club, selaku organisasi yang bergerak dalam bidang pertolongan kegawatdaruratan mengadakan Basic Life Support Training (BALISTA) untuk memfasilitasi mahasiswa-mahasiswi keperawatan dalam mendapatkan ilmu mengenai bantuan hidup dasar tersebut. Melalui BALISTA, mahasiswa keperawatan dapat mendapatkan ilmu dan mempraktikkan secara langsung mengenai bantuan hidup dasar, sehingga apa yang telah dipelajari tidak akan mudah dilupakan.

 

Pada kegiatan ini ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh peserta terkait bantuan hidup dasar yaitu pengkajian awal, RJP , status kesadaran ( GCS ) , evakuasi

  1. Pengkajian awal          : Pengkajian adalah tahap awal dari proses keperawatan dan merupakan suatu proses yang sistematis dalam pengumpulan data dari berbagai sumber data untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi status kesehatan klien (Nur salam, 2001: 17).
  2. RJP                              : Resusitasi jantung paru (RJP) adalah metode untuk mengembalikan fungsi pernapasan dan sirkulasi pada pasien yang mengalami henti napas dan henti jantung yang tidak diharapkan mati pada saat itu.
  3. GCS                            : Glasgow Coma Scale (GCS) adalah skala yang dipakai untuk menentukan/menilai tingkat kesadaran pasien, mulai dari sadar sepenuhnya sampai keadaan koma
  4. Evakuasi                      : Pemindahan korban dari tempat yang bebrbahaya ke tempat yang lebih aman