Ingat K3 di Tempat Kerja

18 Juli 2019 oleh :

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan komponen yang penting dalam suatu industri baik industri kecil ataupun besar. Beberapa industri kecil biasanya mengabaikan K3 pada karyawannya. Daerah Kasongan merupakan daerah dimana sebagian besar penduduknya merupakan pengrajin gerabah, dimana hasil produksi gerabah sebagai salah satu tujuan wisata di Yogyakarta. “Penetapan K3 tidak bisa dilakukan secara langsung begitu saja, namun perlu dilakukan identifikasi tentang potensi bahaya di tempat lokasi kerja” Ujar Nurvita Risdiana, S. Kep., Ns., M.Sc. (15/7) selaku ketua Pengabdian Masyarakat tentang K3 ini.

“Setelah potensi bahaya diidentifikasi baru dapat dilakukan aturan K3 pada tempat tersebut” tambah Dinasti Pudang Binoriang, M.Kep.,Sp. Kep. Kom (15/7) selaku anggota tim Pengabdian Masyarakat. Selanjutnya dilakukan bimbingan teknis terhadap penerapan K3.

Program ini dilakukan di Subur Keramik sebagai tempat identifikasi bahaya. Para karyawan sangat antusias mendapatkan program ini. Output program ini berupa buku panduan K3 untuk pengrajin gerabah yang harapannya dapat digunakan sebagai panduan K3 dalam bekerja sehingga kesehatan pengrajin karyawan dapat terjaga dengan baik.