Ilmu Keperawatan

Program Studi ILMU KEPERAWATAN (PSIK)
Terakreditasi A : Tahap Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners,
BAN PT No 851/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PN/VIII/2015

Ilmu Keperawatan

Program Studi Ilmu Keperawatan FKIK UMY didirikan pada tahun 1999. Lama pendidikan adalah 10 semester yang terbagi atas Pendidikan Sarjana Keperawatan selama 8 semester dan Pendidikan Profesi selama 2 semester. Perkuliahan akan berlangsung on campus dengan metode pembelajaran Problem Based Learning, termasuk di mini hospital yaitu skill lab yang didesain seperti layaknya rumah sakit serta pembelajaran yang mengenalkan dunia pelayanan kesehatan sejak diawal pendidikan yaitu di rumah sakit, puskesmas, di perusahaan untuk mengetahui kesehatan kerja, serta pendidikan di masyarakat secara langsung. Pendidikan Profesi akan berlangsung full di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan berbagai rumah sakit umum daerah dimana mereka akan magang sebagai co-nurse. Program Diploma satu (D-1) Bahasa Inggris sekalian diberikan selama mahasiswa menjalani pendidikan keperawatan di PSIK FKIK UMY sehingga lulusan diharapkan akan memenuhi tuntutan dunia kerja dan akan siap menjadi seorang perawat internasional bagi yang berkeinginan untuk berkarier sebagai perawat di luar negeri yang sekarang semakin terbuka peluangnya. Fasilitas Asrama Mahasiswa (Unires) juga diberikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi kualifikasi. Mahasiswa akan tinggal di asrama yang lengkap fasilitasnya selama dua (2) tahun, sehingga mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran plus, terkait English for Nursing, trancultural nursing, professional behaviors, arabic language serta Islamic Nursing. Mahasiswa diharapkan akan mendapatkan kemampuan yang lebih selama tinggal diasrama.

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Pendidikan Ners yang unggul dalam pengembangan keperawatan klinik berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman untuk kemaslahatan umat di Asia Tenggara pada 2022.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan ners yang unggul dan Islami.
  2. Mengembangkan penelitian yang dapat dijadikan sebagai landasan praktik keperawatan.
  3. Menerapkan ilmu keperawatan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat untuk kemaslahatan umat.

TUJUAN PENDIDIKAN

  1. Menghasilkan ners yang memiliki kemampuan klinik dan mampu menerapkan nilai-nilaiIslami dalam memberikan asuhan keperawatan.
  2. Menghasilkan  produk  penelitian  yang  dapat  digunakan  untuk  meningkatkan  mutupelayanan dan meningkatkan ilmu keperawatan.
  3. Menghasilkan kegiatan pelayanan berbasis hasil penelitian untuk meningkatkan derajatkesehatan masyarakat.

DIPLOMA 1 BAHASA INGGRIS

Mahasiswa keperawatan akan diberikan pendidikan Bahasa Inggris setara D1 untuk melengkapi skill mereka agar memenuhi tuntutan kompetensi sekaligus dalam rangka mencapai Registered Nurse.

SERTIFIKAT BASIC LIFE SUPPORT PLUS

Mahasiswa keperawatan akan diberikan pelatihan Basic Life Support (BLS) Lulusan Ners akan memiliki kompetensi tentang bantuan hidup dasar pada penanganan kasus gawat darurat dan memberikan nilai plus ketika Ners akan memasuki dunia kerja yang pada umumnya mensyaratkan keterikutan dalam pelatihan BLS.

UNIVERSITY RESIDENCE

University residence adalah asrama mahasiswa yang merupakan fasilitas bagi mahasiswa keperawatan. Berbagai kegiatan di asrama didesain sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa di berbagai bidang. Letak asrama yang strategis yaitu di sisi utara dan selatan kampus terpadu diharapkan dapat meningkatkan suasana akademik dan proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

DOSEN KEPERAWATAN UMY

Dosen-dosen keperawatan UMY berpendidikan Doktor, Magister, dan Spesialis Keperawatan sesuai bidangnya, yang merupakan lulusan dari dalam maupun luar negeri, seperti dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Khon Kaen University (Thailand), Angeles University (Philipines), Adelaide University (Australia), Curtin University (Australia), Charles Darwin University (Australia), Prince of Songkla University (Thailand), Oita University (Jepang), dan University of Eidenburgh (Inggris.) Guest lectures juga berasal dari dalam dan luar negeri seperti Jerman, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

MAHASISWA KEPERAWATAN UMY

Kiprah dan prestasi mahasiswa keperawatan banyak terlihat dari berbagai kegiatan kemahasiswaan dan prestasi yang diraih dalam berbagai kejuaraan. Organisasi kemahasiswaan keperawatan FKIK UMY banyak dikunjungi dari organisasi kemahasiswaan institusi lain baik universitas negeri maupun swasta untuk melihat dan berbagai pengalaman secara langsung dengan mahasiswa keperawatan FKIK UMY. Prestasi baik tingkat lokal maupun nasional cukup mewarnai prestasi mahasiswa keperawatan UMY, di antaranya yaitu sebagai pemenang Lomba Kompetisi Penelitian Mahasiswa UMY, Lomba Poster Penelitian di Universitas Udayana Bali, Lomba Penelitian Ilmiah Mahasiswa Keperawatan di Universitas Airlangga Surabaya, mendapatkan dana Penelitian dari Dirjen Pendidikan Tinggi tahun 2008, Lomba English Debate, dan lainnya.

ALUMNI MAHASISWA KEPERAWATAN UMY

Alumni keperawatan UMY banyak terserap didunia kerja dan telah tersebar baik didalam maupun luar daerah seperti, Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat dan lainnya. Para lulusan tersebut telah mengabdikan ilmunya baik di rumah sakit daerah, pusat, ataupun puskesmas, dinas kesehatan, pendidik di berbagai universitas baik negeri maupun swasta, ataupun bekerja di organisasi pelayanan kesehatan internasional seperti SOS international.

Keunggulan PSIK FKIK UMY

Sarjana plus D1 Bahasa Inggris, fasilitas Unires (Asrama Mahasiswa), Islamic Nursing pendidikan keislaman yang terintegrasi dalam setiap perkuliahan, menjadi pusat pengembangan pendidikan profesi Ners dengan sistem Clinical Tutorial, sistem pendidikan akademik dengan Problem Based Learning Hybrid, Electronic Learning (Els), Pelatihan Basic Life Support tersertifikasi, Mini Hospital yang lengkap untuk pembelajaran ketrampilan klinik keperawatan, English Hours activities, ajang peningkatan bahasa Inggris mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan , Hot Spot Area untuk akses intrenet gratis, Electronic Library untuk kemudahan akses perpustakaan, Kelas Berbahasa Inggris sebagai inisiasi kelas internasional

Sarjana Keperawatan Plus Diploma Satu Bahasa Inggris

Lulusan dari PSIK FKIK UMY diharapkan menjadi Ners yang islami & berkepribadian sesuai dengan Al-Qur’an, sunnah dan etika keperawatan dalam melaksanakan profesinya. Selain itu, untuk memenuhi tuntutan kompetensi sekaligus dalam rangka mencapai registered nurse, mahasiswa keperawatan akan diberikan pendidikan bahasa inggris setara D1 yang tersertifikasi.

Sistem Pembelajaran Problem Based Learning Hibrid (PBL)

Sistem pembelajaran di program studi ilmu keperawatan adalah Partial Problem Based learning (hybrid) yang meliputi kegiatan di kelas, diskusi-diskusi kelompok kecil (Tutorial) dengan trigger berbagai kasus dalam skenario yang memacu keaktifan belajar mandiri mahasiswa. Kegiatan plennary discussion diberikan oleh pakar dibidang keperawatan sebagai upaya untuk mengembangkan critical thinking dalam menyelesaikan kasus. Problem solving merupakan salah satu mind set yang harus dimiliki oleh mahasiswa yang difasilitasi dengan kegiatan praktikum baik biomedik dasar maupun ketrampilan keperawatan yang dilakukan di laboratorium dan mini hospital. Early clinical expossure juga merupakan upaya yang dilakukan PSIK melalui kegiatan pembelajaran komuda (Ko-Ners Muda) diberbagai tatanan pelayanan kesehatan baik klinik/RS maupun komunitas.

Sertifikat Basic Life Support

Mahasiswa keperawatan akan diberikan kursus pelatihan basic life support dengan sertifikat yang berlaku secara nasional, sehingga lulusan Ners akan memiliki kompetensi tentang bantuan hidup dasar pada penanganan gawat darurat.

Elektronik Learning (E-Learning)

E-Learning digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk perkuliahan. E-Learning yaitu pembelajaran dengan internet melalui program Els. Untuk beberapa topik dalam mata kuliah akan disampaikan melalui e-learning termasuk kegiatan evaluasi proses.

Laboratorium di Desain Mini Hospital

Laboratorium keperawatan di desain sebagai Mini Hospital, sehingga diharapkan dapat menyerupai rumah sakit yang sebenarnya. Dengan adanya Mini Hospital tersebut, diharapkan mahasiswa sudah tidak canggung lagi dengan suasana perawatan di rumah sakit. Hal ini sangat diperlukan mengingat bahwa nantinya mahasiswa akan melakukan praktek langsung di rumah sakit. Mini Hospital dirancang dalam beberapa unit yaitu: Keperawatan dasar, Keperawatan medikal bedah termasuk operating room, Keperawatan gawat darurat, Keperawatan maternitas, Keperawatan anak, Neonatal care, Keperawatan jiwa komunitas.

English Hours Activity

English Hours adalah suatu ajang bagi mahasiswa untuk melatih dan meningkatkan kemampuan komunikasi secara aktif dalam bahasa inggris yang bersifat fun, di dalam kegiatan ini tredapat drop in centre sehingga mahasiswa dapat mempraktekkan kemampuan bahasa inggrisnya dengan lebih terorganisir. English Hours dijadwalkan setiap hari jumat pukul 13.00-14.30 WIB yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dan dipandu oleh instruktur dari Pusat Pelatihan Bahasa UMY.

Asrama Mahasiswa

Asrama mahasiswa merupakan fasilitas bagi mahasiswa keperawatan. Berbagai kegiatan di asrama didesain sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa di berbagai bidang. Kegiatan di asrama antara lain program Bahasa Inggris, Bahasa Arab, serta program untuk peningkatan dan pengembangan kepribadian. Letak asrama yang strategis di sisi utara dan selatan kampus diharapkan dapat meningkatkan suasana akademik dan proses pembelajaran.

Kerjasama:

Khon Kaen University, Thailand
Charles Darwin University, Australia
Daegu Health College, Korea
Angeles Univeristy Foundation, Philipinnes
Cebu Normal University, Philiphine
Ifugao State University, Philiphine
Central Taiwan University of Science and Technology (CTUST), Taiwan
Tamasek Foundation, Singapore
Nge Ann Polytechnic, Singapore
Ubon Ratchathani University, Thailand
National Cheng Kung University, TAiwan