Pada tanggal 18 hinggal 20 Januari silam, telah diselenggarakan GCP atau Good Clinical Practice KEPK FKIK UMY. Acara ini ditanggungjawabi oleh dr. Titik Hidayati yang merupakan salah seorang dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

Tujuan utama dari diselenggarakannya pelatihan GCP ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan prinsip-prinsip GCP dan standar etika Internasional dalam melaksanakan penelitian klinis kepada para dosen/klinisi FK UMY dan PT lain  serta staff RS Jejaring yang dalam penelitiannya terutama melibatkan subyek manusia. Training GCP yang terus berkelanjutan sangat penting bagi peningkatan kualitas penelitian yang dilakukan oleh dosen/peneliti/klinisi di lingkungan Fakultas Kedokteran UMY. Diharapkan dosen/klinisi setelah mendapat training, dapat menerapkan prinsip-prinsip GCP dalam rangka peningkatan kualitas penelitiannya maupun mahasiswa bimbingannya.

Pelatihan ini dilakukan dengan pendekatan pembelajaran orang dewasa. Metode yang digunakan terdiri dari kuliah interaktif, diskusi, latihan,  review/rekapitulasi dan evaluasi dari records. Metode ini untuk mensimulasikan peran aktif peserta dalam berbagi pengalaman dengan trainer dalam konteks GCP dan berusaha memecahkan masalah yang terkait GCP. Kuliah dan Diskusi berjalan dengan lancar dan dimulai dan diakhiri pada waktu yang telah ditentukan. Handout materi yang diberikan pada peserta tidak lagi dalam bentuk hardcopy namun peserta dapat mengunduh di link dropbox yang disediakan panitia di akhir acara setiap harinya.

Metode yang digunakan terdiri dari kuliah interaktif, diskusi, latihan kasus dan evaluasi. Pelatihan ini disampaikan oleh 6 orang fasilitator yang berpengalaman yaitu dr. Jarir At Thobari, Ph.D, Dr. dr. Niken Trisnowati, Sp.KK, dr. Rina Triasih, Sp.A, dr. Cahaya Dewi, Sp.A, dr. Dewiyani Indah Widyasari, PhD, SpPK, dr. Eti Nurwening Solikhah, MKes.

WS GCP ini  dilaksanakan bersama Pusat Kedokteran Tropis, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM) telah ditunjuk sebagai Regional Training Center (RTC) for Health Research oleh WHO/TDR untuk wilayah Asia Tenggara sejak tahun 2010. RTC UGM bekerja sama dengan WHO/TDR dalam memperkuat kapasitas penelitian di bidang kesehatan di wilayah Asia Tenggara melalui beberapa pelatihan skill building seperti Good Clinical Laboratory Practice (GCLP); Good Clinical Practice (GCP); dan Effective Project Planning and Evaluation (EPPE). Kebutuhan akan training GCP meningkat secara signifikan sejak 2010. Sejumlah training GCP telah dilaksanakan dengan sukses baik dengan dukungan sumber dana dari internal maupun eksternal.

Manfaat dari  kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan dengan menerapkan prinsip-prinsip GCP dan standar etika Internasional dalam melaksanakan penelitian klinis kepada para dosen/klinisi FK UMY dan PT lain serta staff RS Jejaring yang dalam penelitiannya terutama melibatkan subyek manusia.