Sebagai bentuk perwujudan kepedulian kami sebagai mahasiswa, maka divisi Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMFA) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Program Hibah Bina Desa yaitu Dukuh Bakalan yang terletak di Desa Sumberadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman, Yogyakarta terdapat kurang lebih 970 warga yang terdiri dari 7 RT. Pada pedukuhan Bakalan ini terdapat 4 dusun yaitu, Dusun Gedongan, Candi, Cebongan, dan Bakalan itu sendiri. Pedukuhan Bakalan ini juga terdapat 1 Sekolah Dasar ,1 Masjid dan 2 Musholla. Mahasiswa pelaksana Hibah Bina Desa ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Kegiatan pertama yang sudah kami lakukan yaitu mengikuti Posyandu balita. Kegiatan posyandu balita ini dilaksanakan di rumah Bapak Kepala Dukuh Bakalan. Disini kami membantu Ibu kader Dukuh Bakalan melakukan penimbangan berat badan¸ pengukuran tinggi badan sekaligus pencatatan dari masing-masing anak yang berbeda-beda umurnya.

Kegiatan kedua yang kami lakukan yaitu mengikuti Posyandu lansia yang bekerja sama dengan Ibu kader Dukuh Bakalan, kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah lansia di Dusun Gedongan. Pada kegiatan ini kami melakukan pengecekan gula darah dan asam urat. Rata-rata lansia di Dukuh Bakalan termasuk dalam golongan asam urat tinggi, dikarenakan kurangnya sosialisasi dan juga kurangnya pengetahuan yang menyebabkan asam urat naik.

Kegiatan ketiga yang telah kami lakukan ialah sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dengan mengundang pembicara dosen dari prodi kami Farmasi yaitu Ibu Sabtanti Harimurti,Ph.D,Apt. Pada kegiatan ini dihadiri warga dari masing-masing RT. Persentase antusias warga tergolong tinggi, dilihat dari antusias warga yang hadir dan aktif dalam bertanya pada saat sosialisasi berlangsung

desbin 1 desbin 2 desbin 3 desbin 4