Scientific Fair 2015 merupakan salah satu dari banyaknya lomba karya tulis ilmiah mahasiswa kedokteran bertaraf nasional. Acara ini diselenggarakan oleh Universitas Diponogero, Semarang pada tanggal 5-7 Juni yang akan datang. Dengan mengangkat tema “Kesehatan Reproduksi”, Scientific Fair diharapkan mampu meningkatkan antusiasme mahasiswa dalam dunia keilmiahan dan ilmu pengetahuan serta diharapkan dapat membangun sikap yang kritis, kreatif serta inovatif terhadap segala permasalahan kesehatan di Indonesia khususnya mengenai kesehatan reproduksi. Melalui karya-karya yang dihasilkan, dapat menjadi sarana edukasi, sosialisasi, dan publikasi yang memadai mengenai kesehatan reproduksi sehingga dapat meminimalkan insidensi terjadinya penyakit reproduksi.

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang mengangkat permasalahan reproduksi ini terbagi kedalam 5 cabang lomba, yaitu Gagasan Tertulis, Essai Ilmiah, Poster Ilmiah, Poster Publik, dan Video Kesehatan. Di samping kegiatan lomba, para delegasi akan bergabung dalam sebuah forum/seminar sehingga diharapkan acara ini mampu menambah ilmu pengetahuan terkait dengan tema yang diangkat maupun pengetahuan umum lainnya.

sf 1

 

Presentasi dilakukan untuk tiap-tiap karya dengan pangalokasian waktu 15 menit. 5 menit untuk presentasi, 9 menit untuk tanya jawab dengan juri, dan 1 menit untuk moving. Presentasi dilakukakan perorangan dengan fasilitas LCD, proyektor dan pointer. Dalam rangkaian presentasi ini peserta diwajibkan mengenakan jaz almamater.

sf 2

Farewell party diakukan pada malam hari, bertujuan untuk mengakrabkan para peserta. Peserta diwajibkan membawa hadiah untuk ditukarkan ke peserta yang lainnya. Sebelum pertukaran hadiah, terlebih dahulu ada suguhan music-musik dari mahasiswa FK UNDIP, setelah itu suguhan makanan

sf 3

Seminar dengan tema Interactive Aproach Of Genital Discharge Syndrom, dengan pembicara dokter spesialif obsgyn dan professor. Dalam seminar ini para peserta mengenakan jaz almamater. Dalam rangkaian acaranya diakukan 2 sesi. Sesi pertama dengan 2 pembicara kemudian tanya jawab dan dilanjutkan sesi kedua, dengan 2 pembicara dan dilanjutkan juga dengan tanya jawab.