Fasilitas

Fakultas Kedokteran UMY selalu berkomitmen untuk menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang proses belajar mengajar mahasiswa kedokteran sehingga kelak akan terbentuk insan dokter yang log life learner.

  1. AMC : RSGMP dan AMC
  2. Asuransi Kesehatan (DSM)
  3. Internet
  4. Labkomp
  5. Laboratorium Biomedik
  6. Mini Hospital
  7. Perpustakaan PBL
  8. Klinik Pratama 24 Jam Firdaus 
  9. OSCE Center 
  10. Ruang Kuliah Amphi Theater
  11. Skills Lab
  12. Dekanat
  13. Komite Etik
  14. PSKI
  15. Molecular Medicine and Therapy Research Laboratory

Molecular Medicine and Therapy Research Laboratory

Molecular Medicine and Therapy (MMT) Lab merupakan laboratorium riset dibawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang memiliki tujuan untuk memfasilitasi berbagai aktivitas serta kegiatan penelitian, penitipan sampel, penggunaan alat, pengujian sampel hingga pelatihan berbasis laboratorium baik untuk kalangan internal kampus UMY maupun eksternal kampus. Konsep keterpaduan fungsi, kemampuan dan kapasitas Lab MMT ini akan dicapai dalam 4 tahap pengembangan, dimana saat ini (Desember 2018) Lab MMT baru mulai beroperasi di tahap yang pertama (tahap inisiasi awal). Lab MMT memiliki core of research yang sejalan dengan konsep translational research (from bench to bedside) dengan menyelenggarakan kegiatan penelitian (research) untuk kualitas kehidupan yang lebih baik (for better quality of life). Pada tahap inisiasi ini, Lab MMT difasilitasi dengan 10 ruangan khusus dan 1 ruang kerja utama yaitu: common room (MMT-1), biomaterial room (MMT-2), preservation room (MMT-3), operator room (MMT-4), cold room (MMT-5), dark room (MMT-6), Biohazard room (MMT-7), Micro-technique room (MMT-8), Cell culture room (MMT-9), Bacterial culture room (MMT-10), dan 1 ruang kerja utama (Laboratory working area). Pada tahap pertama ini, MMT Lab juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti: Refrigerated centrifuge (dengan 2 sistem rotor dan RCF-RPM converting system), Deep freezer -80 C, General refrigerator 2-10 C, Halo RB-Spectrophotometer, CO2 incubator (with HEPA filter and water-jacket), Forced air drying oven (up to 300 C), Micro-volume spectrophotometer, Water purifier (DNAase-RNAase free output, conductivity-particles-and bacterial control system), Electric autoclave, Conventional PCR, Shaking incubator, Freezer -25 C, Gel electrophoresis apparatus, Blook TM LED transilluminator, BEL Engineering binocular microscope, Class-2 BSC (with HEPA protection), Vortex mixer, Analog see-saw machine (with handle-fixator), Magnetic hotplate stirrer (equipped with  various size of stirrers), General incubator, LAF clean bench (with HEPA protection), Digital PH-meter, Cylinder autoclave Hirayama, Analytic balance, Ice maker, Pipette controller (handy pipetteman with monitor screen), Ultrasonic pipette rotary-glass washer, Glass vacuum filtration set, Mini spinner, Liquid Nitrogen storage-tank, portable PH-meter set, anaerobic jar (3.5Lt) dan Single channel micropipettes (for white, yellow and blue tips). Dengan fasilitas dasar yang ada pada tahap pertama ini, diharapkan mampu memfasilitasi dan mendukung kegiatan pengelolaan dan pengolahan sampel penelitian mahasiswa, dosen dan peneliti khususnya di area kampus UMY dan umumnya bagi peneliti secara umum serta mendukung produktifitas kegiatan penelitian yang berkualitas demi kemajuan bersama.

 

 

PROGRAM UNGGULAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UMY

1. Kedokteran Islam

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengembangkan Kedokteran Islam yang terintegrasi dalam kurikulum (Islamic Revealed Knowledge) melalui kerjasama dengan International Islamic University of Malaysia dan advisor pakar Kedokteran Islam Prof. Omar Hassan Kasule, Ph. D. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai koordinator Forum Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah (FKKPM), memiliki misi menghasilkan lulusan program studi kedokteran dan kesehatan di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang memiliki nilai lebih pada kompetensi Kedokteran Islam.

2. Penunjang Pembelajaran dengan E-learning

Menerapkan E-learning sebagai sarana penunjang pembelajaran melalui aplikasi els (http://els.fk.umy.ac.id). Melalui wahana ini mahasiswa bisa secara interaktif mengakses materi kuliah, minikuiz, latihan soal hingga diskusi dengan dosen/para pakar melalui sarana internet. els (e-learning system) adalah aplikasi khusus berbasis moodle sebagai hasil kerjasama dengan Fakultas Tekhnik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Fakultas Kedokteran UMY menyediakan fasilitas internet gratis dari jam 08.00 sampai dengan 21.00 WIB, dari Senin-Sabtu di Warnet Fakultas Kedokteran dengan kapasitas 50 komputer, 15 komputer di ruang tutorial Kedokteran Umum dan 8 komputer di ruang tutorial Kedokteran Gigi serta 11 komputer di ruang Perpustakaan.

3. International Student Exchange

Melalui CIMSA(Centre of Indonesian Medical Students’ Activities)/MMSA (Muhammadiyah Medical Students’ Activities) maka Fakultas Kedokteran memfasilitasi program clerkship, berupa pertukaran mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta (outgoing students) untuk mengambil course/clerkship di beberapa Rumah Sakit dan Fakultas Kedokteran di luar negeri, seperti : Malaysia, Austria, Hongaria, Jerman dan beberapa negara Eropa. Sebaliknya kami juga memfasilitasi untuk menerima beberapa mahasiswa asing (incoming students) dari berbagai negara, seperti : Finlandia, Switzerland, Austria, Jepang dan lain-lain untuk mengambil clerskhip di Fakultas Kedokteran dan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

4. International Summer Course

Setiap tahun pada bulan Juli Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan MMSA mengadakan International Summer Course yang akan diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran di Indonesia dan mahasiswa Fakultas Kedokteran asing. Course ini mengambil tema-tema besar dalam New Emerging Disease dan Tropical Medicine. Kami mengemas program course ini selama satu bulan dengan berbagai metode pembelajaran yang menarik, seperti : kuliah pakar oleh para pakar dari berbagai bidang Kedokteran, kunjungan lapangan, hospital visit untuk melihat pasien dengan kasus-kasus yang relevan dan social programme yang excited.

INOVASI DAN KERJA SAMA

1.  Pengembangan Kedokteran Islam

Sebagai salah satu amal usaha persyarikatan Muhammadiyah, FK UMY mengembangkan kajian tentang kedokteran Islam. Para mahasiswa FK UMY setelah menjadi seorang dokter, mereka pun mempunyai kewajiban sebagaimana seorang muslim untuk memberikan masukan kepada para pasiennya yang beragama Islam tentang segala sesuatu tindakan medis yang baik dan tidak baik menurut Islam.

2.  Pengembangan Kedokteran Keluarga

Salah satu Pola Ilmiah Pokok FK UMY adalah mengembangkan kedokteran keluarga sebagai salah satu unggulan yang dimiliki. Hal ini didasari kenyataan bahwa ke depan peran dokter keluarga akan sangat penting. Pengembangan sistem jaminan kesehatan bagi masyarakat merupakan salah satu cara untuk lebih memasyarakatkan dokter keluarga ini. Setiap lulusan FK UMY diharapkan nantinya dapat menjadi seorang dokter keluarga. Mereka dibekali dengan berbagai ketrampilan dan manajemen dokter keluarga.

3.  Pengembangan RS Pendidikan

Guna menunjang proses belajar mengajar pada sebuah fakultas kedokteran, maka keberadaan rumah sakit pendidikan mutlak diperlukan. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah mengembangkan sebuah model rumah sakit pendidikan.

4.    Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan

Merupakan tanggung jawab institusi pendidikan untuk selalu meng-update pengetahuan para alumninya. FK UMY secara rutin menyelenggarakan Pendidikan kedokteran Berkelanjutan (Continuing Medical Education) dalam bidang Kedokteran Keluarga (sesuai dengan PIP FK UMY) bagi para alumninya.

KERJASAMA

1.  RSUD TK II di Jawa Tengah & DIY

RS Umum Daerah yang telah menjamin kerjasama dengan FK UMY antara lain: RSUD Tidar Magelang, RSUD Salatiga, RSUD Purworejo, RSUD Wonosobo,  RSUD Temanggung, RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Panembahan Senopati Bantul, RSUD Wonosari, RSUD Wates, RSUD Purbalingga, RSUD Banjarnegara, RSUD Kebumen, RSUD Muntilan, RS Jiwa Magelang dan RS Jiwa Grhasia Pakem.

2.  Universitas Negeri/Swasta di Indonesia

3.  Universitas di Luar Negeri

Intenational Islamic Univ. of Malaysia, Khon Khaen University (Thailand), Muenster University (Jerman), Jinan University (Ghuangzhou, RRC), Nasional University of Taiwan, Angeles University (Filipina)

4.  Organisasi di Indonesia

IDI, MFKSI, MUKISI, AIPKI, ARSPI

5.  Organisasi di tingkat International

FIMA, WONCA

 

 

 

Molecular Medicine and Therapy Research Laboratory