Kegiatan yang akan diselenggarakan ini bernama “English Hour” dengan tema Speak up! Silent is Forbidden. Penyelenggara acara ini adalahHimpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter SEMAKU dan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi. Sasaran acara ini adalah Mahasiswa Program Studi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan tahun pertama dan tahun kedua.

English Hour ditujukan khususnya kepada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan angkatan 2013 dan 2014, dalam kegiatan ini mahasiswa akan bertambah wawasan kebahasaannya dengan dibantu oleh beberapa fasilitator yang terdiri dari anggota Language Club HMPD SEMAKU, HMKG, HIMFA, HIMIKA BEM FKIK UMY yang akan disebar ke beberapa kelompok kecil agar mempermudah proses diskusi. Selama proses diskusi kelompok, peserta akan melakukan perkenalan diri dengan cara yang unik. Kegiatan ini melatih mahasiswa berpikir kritis dengan mengajukan pertanyaan- pertanyaan yang diberikan terhadap mahasiswa yang sedang memperkenalkan diri.

Selanjutnya, fasilitator memberikan sebuah cerita dan mahasiswa harus menyusun paragraf yang acak. Setelah diurut dengan benar, kelompok 1 akan membacakan cerita yang sudah disusun tersebut ke kelompok 2, sedangkan kelompok 2 mendengarkan dengan seksama. Kemudian kelompok 2 tersebut harus bisa menceritakan ulang poin-poin dari cerita yang dibacakan kelompok 1. Begitupun selanjutnnya sampai kelompok 1 menceritakan ulang cerita yang dibacakan oleh kelompok terakhir.

Kegiatan terakhir adalah LCT menganai kesehatan dan seputar dunia internasional dengan tim diskusi. Di akhir acara akan diadakan pemberian hadiah kepada beberapa peserta terbaik.

Waktu dan tempat pelaksanaan English Hour 1 FKIK 2015 ini diselenggarakan pada:

Hari, tanggal               : Senin, 11 Mei 2015

Pukul                           : 15.30 – 17.30 WIB

Tempat                        : Amphiteater E