Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) FKIK UMY berkesempatan mengikuti International Course on Laboratory Animal Science, Malaysia 2019: FELASA Category B (MICLAS) yang diselenggarakan oleh Molecular and Cellular Biology Research Cluster (iMoleC), International Islamic University Malaysia (IIUM). Program ini merupakan kolaborasi iMoleC dengan Federation of European Laboratory Animal Science Associations (FELASA) dan Laboratory Animal Ltd. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 19 hingga 30 Agustus 2019 dihadiri oleh lebih dari 25 peserta yang berasal dari Indonesia, India, Thailand dan Malaysia.

Nurvita Risdiana, Ns., M.Sc dan Syahruramdhani, Ns., MSN. berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut. Nurvita menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu komitmen antara UMY dan IIUM dalam kerjasama riset khususnya pengembangan riset berbasis animal model. Harapan kedepan, UMY mampu menghasilkan riset-riset yang unggul dengan skala internasional.

Nurvita juga menjelaskan selama dua pekan berada di Negeri Jiran, mereka melakukan berbagai kegiatan mulai dari perkuliahan umum, presentasi kelompok, ujian dan praktik di laboratorium hewan dengan pembicara dari berbagai negara seperti Belanda, India, Thailand, Srilanka dan Malaysia. Materi dan praktik yang disajikan diantaranya introduction animal laboratory scienceanimal handling and restraingenetic standardization, human endpoints, breeding laboratory animal dan euthanasia.