AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia) Reg VIII mengadakan workshop Item review soal UKNI di Universitas Aisyiyah Yogyakarta (20/08). Workshop ini diadakan di Gedung B ruang 2.09. Dalam kesempatan ini, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta Moh Ali Imron, M.Fis. membuka acara workshop item review.

Sambutan Ketua AIPNI Reg VIII sekaligus Dekan FIKES UNRIYO Mohamad Judha, S.Kep, Ns, M.Kep. menyampaikan bahwa AIPNI Reg VIII menjadi regional terbaik dalam hal pengumpulan soal dan terbaik lulusan UKNI. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap 4 (empat) bulan sekali. Judha menambahkan, sudah saatnya perawat Indonesia maju ke kancah internasional. Oleh karena itu AIPNI Reg. VIII menggandeng BP3TKI (Suparjo, S.H) dan BP2TKI (Sudiharto) untuk memberikan arahan tetang sosialisasi pemasaran dan perlindungan tenaga kerja khususnya ners ke luar negeri. BP3TKI setiap tahun mengirimkan tenaga kerja Ners ke luar negeri. Jepang setiap tahun membutuhkan sekitar 1000 tenaga Ners, akan tetapi BP2TKI hanya bisa memberangkatkan sekitar 300-400 saja. Hal ini menjadi kesempatan bagi lulusan Ners UMY untuk bekerja di luar negeri.

Dosen Ilmu Keperawatan FKIK UMY yang hadir mengikuti workshop item review yaitu:

  1. Titih Huriah, M.Kep., Ns., Sp. Kep. Kom
  2. Erfin Firmawati, S.Kep., Ns., MNS
  3. Novita Kurnia Sari, S.Kep., Ns., M.Kep
  4. Nurul Hidayah, S.Kep., Ns., MNurs
  5. Kellyana Irawati, M.Kep., Ns., Sp. Kep. Jiwa
  6. Dinasti Pudang Binoriang, M.Kep., Ns., Sp. Kep. Kom
  7. Fahni Haris, S.Kep., Ns., M.Kep
  8. Al Afik, S.Kep., Ns., M.Kep

Rencana kegiatan workshop ini diselenggarakan selama dua hari, soal yang akan di review merupakan gabungan dari institusi Pendidikan keperawatan yang ada di wilayah Yogyakarta. Soal-soal terdiri dari stase Anak, Gadar, Komunitas, Keluarga, KMB, Maternitas, Jiwa dan Manajemen. Harapannya melalui review item oleh tim AIPNI Reg. VIII akan lebih banyak soal-soal yang berkualitas sehingga kemungkinan diterima di tingkat nasional semakin tinggi.