Dosen Ilmu Keperawatan FKIK UMY mengikuti kursus Bahasa Inggris “Semester Break Program” yang diadakan oleh Pusat Pelatihan Bahasa, Language Training Center (LTC) UMY (02/07). Program ini diawali dengan pretest sebagai placement test. Program yang ditawarkan yaitu “English for Interacting at Campus”. Program ini bertujuan untuk para dosen yang akan studi lanjut ke luar negeri agar terbiasa dengan suasana kampus yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa komunikasi.

Program yang kedua yaitu “Academic Writing” yang bertujuan untuk mempersiapkan dosen agar bisa menulis manuskrip jurnal. Selain itu, program ini juga disiapkan oleh LTC agar dosen bisa menulis essay yang biasa dilakukan oleh LPDP sebagai salah satu syarat mendapatkan beasiswa.

Program yang ketiga yaitu English for IELTS. Program ini ditujukan untuk dosen yang ingin mendapatkan LoA dari Universitas tujuan studi lanjut dengan skor IELTS yang maksimal. Harapan Prodi dengan adanya program-program dari LTC, dosen Ilmu Keperawatan UMY dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris sehingga dapat melanjutkan studi, mendapatkan beasiswa ataupun dapat mengikuti perkuliahan di luar negeri serta dapat menyusun manuskrip dalam Bahasa Inggris sehingga jurnal-jurnal berskala Scopus banyak dilahirkan.