AndroAIDS 2014 MMSA UMY

6 November 2014 oleh :

vidgram

 

Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia tanggal 1 Desember, MMSA UMY  mengagendakan beberapa Acara AndroAIDS 2014. Tema yang diangkat kali ini adalah  “Zero New Infection”.   Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:

  1. Lomba Vidgram (Videogram)

Kompetisi ini akan diikuti oleh seluruh pemuda Indonesia dengan rentang usia 16-24 tahun. Harapan dari kompetisi ini adalah selain sebagai ajang penyaluran bakat, hobi, dan kreativitas, kompetisi ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dari peserta apa itu HIV/AIDS, bagaimana penularannya, serta bagaimana bentuk preventif diri untuk mencegah penularan virus HIV itu sendiri. Pembukaan lomba atau pengiriman video sudah dimulai sejak 25 Oktober 2014 lalu dan batas akhir pengumpulan hingga 14 November 2014. Peserta diwajibkan mengirimkan kartu identitas diri ke email androaids.mmsaumy@gmail.com sebagai syarat memenuhi batas usia yang ditentukan oleh panitia. Peserta akan mengunggah (upload) video karya mereka di email seperti tersebut tadi bersamaan dengan mengirim kartu identitas . Setelah Panitia menerima email, panitia baru akan mengunggah video yang terkirim tadi di akun instagram @androaids_mmsaumy. Penilaian dilakukan tanggal 28 November 2014 oleh 3 juri, yakni 1 juri dari pihak ekternal dan 2 juri dari pihak internal panitia. Pengumuman pemenang akan dilaksakan 1 Desember 2014 via online dari semua media social AndroAIDS (twitter dan instagram).

  1. Penyuluhan

Penyuluhan ini kami tujukan kepada desa binaan MMSA yaitu dukuh Soerabayan pada tanggal 30 November 2014. Pesertanya adalah remaja atau pemuda warga dukuh Soerabayan. Acara ini akan diisi oleh dr. Dewanto Suryoningrat sebagai narasumber. Melalui kegiatan ini panitia berharap warga dukuh Soerabayan mendapatkan tambahan ilmu dan pengetahuan terkait HIV/AIDS, sehingga dimasa yang akan datang mampu menjadi agen-agen kecil pencegahan HIV/AIDS yang pada akhirnya dapat meminimalisir angka kejadian penularan penyakit HIV/AIDS itu sendiri.

 

  1. WAD Ceremony

WAD (World Aids Day) ceremony adalah serangkaian upacara atau peringatan Hari AIDS se-dunia pada tanggal 1 Desember. Acara ini akan dikemas dalam suatu kegiatan orasi RACO MMSA UMY di internal kampus untuk member edukasi dan menanamkan kesadaran mahasiswa tentang HIV/AIDS. Edukasi dilakukan menggunakan leaflet, Tanya jawab, dan diskusi. Untuk menambahkan kesadaran dan kepedulian panitia membawa kain sepanjang 3 meter yang nantinya akan dibubuhi tanda tangan mahasiswa sebagai bentuk partisipasi mereka untuk hari AIDS sedunia. Sewaktu edukasi, panitia juga membagikan pita merah gratis dengan lambang HIV/AIDS yang kemudian difoto untuk kemudian hasilnya kan dipajang pada acara ALIVE.