BAKTI SOSIAL ANGKATAN 2017 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI

 

Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HIMAKAGI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki program kerja rutin yang diadakan setiap tahunnya. Salah satu program kerja rutin tersebut adalah “Bakti Sosial Angkatan”. Kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama antara HIMAKAGI dengan PSPDG FKIK UMY angkatan tahun ke-3. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa PSPDG angkatan tahun ke-3 karena acara ini merupakan prasyarat mahasiswa untuk dapat mengikuti yudisium.

Kegiatan bakti sosial angkatan tahun 2017 ini akan diselenggarai oleh Mahasiswa PSPDG FKIK UMY angkatan 2014. Bakti sosial angkatan kali ini bertemakan “Mari Berbagi Bersama untuk Senyum Sehat Masyarakat Indonesia”. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari pada hari Jum’at sampai Ahad tanggal 12-14 Mei 2017 dengan lokasi di Desa Wonosari, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Rangkaian acara pada hari pertama hanya pengajian dan simulasi baksos. Rangkaian acara hari kedua, pagi hingga siang akan dilaksanakan beberapa kegiatan, di antaranya adalah:

  1. Penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut disertai sikat gigi bersama siswa SD setempat dan pada siang hari dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan untuk warga setempat mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut dan perilaku hidup bersih dan sehat yang disampaikan oleh mahasiswa pendidikan dokter gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  2. Pengobatan Umum dan Pengobatan Gigi gratis di dua tempat di Desa Wonosari, yaitu di Gedung Balai Desa setempat dan di Rumah Kepala Desa.

Pengobatan umum gratis ini meliputi pemeriksaan kesehatan umum oleh dokter umum. Tersedia pula beberapa pemeriksaan kesehatan umum lainnya yang difasilitasi oleh panitia berupa pemeriksaan gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan asam urat.

Pemeriksaan gigi berupa penambalan gigi, pencabutan gigi dewasa maupun anak-anak, tindakan preventif gigi berlubang pada anak–anak, pembuatan gigi tiruan sebagian lepasan (GTSL) imediet, pembersihan karang gigi (scaling), perawatan saluran akar one visit, dan tindakan gigi tanpa komplikasi lainnya. Pada akhir dari seluruh pengobatan, pasien yang memerlukan obat–obatan, akan mendapatkannya secara gratis di bagian farmasi.

  1. Pada malam harinya akan dilaksanakan hiburan untuk masyarakat desa dalam bentuk pentas seni.

Rangkaian acara pada hari terakhir Bakti Sosial adalah seperti pada hari kedua, yaitu Pengobatan Umum dan Pengobatan Gigi gratis di dua tempat di Desa Wonosari, yaitu di Gedung Balai Desa setempat dan di Rumah Kepala Desa, pada siang harinya di waktu yang bersamaan dilaksanakan juga bazar sembako dan pakaian untuk masyarakat desa setempat yang telah terdaftar. Pada sore harinya akan dilaksanakan penutupan rangkaian acara Bakti Sosial Kedokteran Gigi 2017.