Tanggal 19 Juli 2019, Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pre-opening 6th International nursing summer school 2019. Kegiatan ini diikuti dari beberapa Negara meliputi Indonesia yang diwakili oleh Dian Danu Wijaya dari Stikers Muhammadiyah Ciamis, Filipina diwakili oleh Mr.Neil M. Martin, RN, MAN, MBE, dari Mesir dihadiri oleh 3 orang yaitu Salah Mohamed Abdelkhalek Elsayed S, Nayyera Gouda Elsayed M.E, Dr. Mona M.A Barakat, dan dari Thailand dihadiri oleh 5 orang yaitu Aphichayanan Wannaju, Teeraphan Thongdee, Chanyanuch Kaewbundit, Krittaya Borthai, dan Thananya Kannida. Kegiatan pada tanggal 19 Juli 2019 ini diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan dari tiap Negara dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh saudari Fitria Permata selaku Project Manager 6thInternational Nursing Summer School. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang kedua oleh kaprodi PSIK FKIK UMY, Shanti Wardaningsih, M.Kep.,Sp.Jiwa., Ph. D. Beliau menyampaikan penjelasan  mengenai tema yang diambil INSS yaitu “Ati Suci Marganing Rahayu : Phenomenon of Javanese culture “Pulung Gantung” ” dan beliau juga mengucapkan terima kasih dan  selamat datang untuk seluruh peserta dan mengharapkan dalam kegiatan ini masing – masing Negara dapat bertukar pikiran dan pengalaman terkait keperawatan jiwa.

Kegiatan  selanjutnya  dilanjutkan dengan kuliah pertama dengan topik Concept of psychiatricyang disampaikan oleh Neil dari Filipina, dan dilanjutkan dengan  kuliah kedua dengan topik Language Class yang disampaikan oleh Latansa Fikri, S.Kep., Ns. Kegiatan 6 th International Nursing Summer School bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dalam praktik keperawatan jiwa yang ditujukan bagi mahasiswa keperawatan baik ditingkat Nasional ataupunInternational.