ienc-1

Penampilan tarian Nusantara oleh tim tari NCC Emergency sebagai penyambutan untuk para peserta dan tamu undangan, yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, dan kemudian dilakukan pemukulan gong sebagai simbolis dibukanya rangkaian kegiatan rangkaian kegiatan 3rd International Emergency Nursing Camp.

ienc-2

Penyampaian materi pertama tentang “Disaster Nursing As A Science”  yang disampaikan oleh Keynote Speaker, Ross Moylan R.N., Adv Dip. Public Safety, yang berkebangsaan Australia. Beliau merupakan Senior Instructor pada MIMMS, dan telah berpengalaman selama 25 tahun bekerja dalam bidang intensive care, acute care, dan Emergency nursing di New South Wales Regional Hospital, Australia. 11 tahun terakhir beliau juga menjabat sebagai Koordinator Menejemen Bencana pada Disaster Management Unit of Hunter New England Health di South Wales, Australia

ienc-3

Penyampaian materi kedua tentang “Real Way to Disaster Nursing Establish in Indonesia”  yang disampaikan oleh pembicara ke-2, Syahirul Alim, S.kp., M.Sc., Ph. D. yang berkebangsaan Indonesia. Beliau adalah anggota dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sejak tahun 2003 sampai sekarang, anggota dari Indonesian Student Association di Kobe, Jepang sejak tahun 2009 sampai sekarang dan juga merupakan anggota dari World Society of Disaster Nursing sejak tahun 2010 sampai sekarang.

ienc-4

Penyampaian materi ketiga tentang “Medical Disaster Management”  yang disampaikan oleh pembicara ke-3, Al Afik, S.Kep., Ns., M.Kep. yang berkebangsaan Indonesia. Beliau saat ini menjabat sebagai Leader 1 Perhimpunan Para Medik Indonesia dan Leader 1 Himpunan Perawat Gawat Darurat Bencana Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau juga merupakan Instructor Team Leader PPGD/BTCLS pada Pusbankes 118  Daerah Istimewa Yogyakarta.

ienc-5

Suasana berlangsungnya seminar, peserta cukup antusias dalam menyimak dan memperhatikan penyampaian materi

ienc-6

Sesi foto bersama peserta dengan pembicara seminar dan panitia pelaksana. Sebanyak 130 peserta mengikuti kegiatan seminar ini, yang terdiri dari sebagian besar merupakan mahasiswa keperawatan dan kesehatan dari sekitar 20 institusi, dengan 2 institusi yang berasal dari luar Indonesia. Sebanyak 5 peserta merupakan mahasiswa institusi keperawatan dari negara Cina dan 4 peserta lain merupakan mahasiswa institusi keperawatan yang berasal dari negara Thailand , serta beberapa peserta juga merupakan tenaga profesi perawat yang sudah bekerja di lingkup Klinis. Setelah sesi foto bersama, dilanjutkan dengan mobilisasi peserta yang mengikuti kegiatan Training Camp menuju Rama Sinta Camping Ground, Prambanan.

ienc-7

Suasana diskusi malam, para peserta dibagi dalam kelompok kecil dan diinstruksikan untuk membahas tentang Disaster Nursing, dengan ditemani oleh fasilitator diskusi yang berasal dari Stemcell Ncc Emergency.

ienc-8

Suasana pagi mengawali hari ke-2, setelah bangun pagi dan melaksanakan ibadah sholat subuh dan mandi pagi, seluruh peserta dan panitia melaksanakan senam bersama untuk menyegarkan dan memberikan energi positif bagi jiwa dan raga. Setetlah senam selesai dilanjutkan dengan sarapan pagi dan kemudian barulah memulai kegiatan pelatihan.

ienc-9

ienc-10

Situasi kegiatan pelatihan bidai balut, para peserta belajar mengenai bagaimana pertolongan pertama pada luka, cedera maupun patah tulang, yang salah satunya dengan tekhnik bidai balut. Materi bidai balut di ajarkan oleh Bapak Asnawi yang merupakan salah satu Perawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, yang memang expert dalam bidang ini.

ienc-11

Kegiatan pelatihan Basic Life Support (BLS), dalam BLS peserta belajar salah satunya tentang tekhnik yang biasa kita kenal dengan CPR. BLS meliputi tentang bagaimana pertolongan pertama pada korban yang tidak sadarkan diri, sehingga diharapkan dapat meningkatkan harapan hidup korban tersebut. Materi BLS disampaikan oleh Bapak Ery salah satu dosen di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang ahli dalam materi BLS.

ienc-12

ienc-13

ienc-14

Suasana pelatihan tekhnik evakuasi korban yang diajarkan oleh tim Disaster Management Center (DMC) RS PKU Muhammadiyah Bantul. Peserta tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan.

ienc-15

Pelatihan Mass Casualty Incident Management dengan metode Table Top Exercise, dimana peserta memplejari tentang bagaimana metode manajemen korban masal akibat suatu bencana, dengan menggunakan metode pembelajaran mini simulasi Table Top. Materi diajarkan oleh Dr. Corona, beliau merupakan anggota Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), yang ahli dalam bidang tersebut.

ienc-16Pelatihan Improvised Medicine Application, sebuah materi pelatihan yang terbilang cukup baru diajarkan dalam dunia kesehatan, karena materi ini meliputi tentang bagaimana seorang tenaga kesehatan dalam suatu kondisi bencana atau kondisi darurat dapat melakukan improvisasi terkait alat-alat medis yang dibutuhkan, dengan catatan tidak tersedianya alat medis terstandar yang dibutuhkan dengan kondisi dan situasi darurat yang membutuhkan penanganan segera. Materi ini disampaikan oleh Dr. Alim yang merupakan

ienc-17

Saatnya untuk menikmati hiburan untuk mengurangi penat dan lelah setelah seharian penuh dengan kegiatan pelatihan, peserta dimanjakan dengan penampilan-penampilan epik dari salah satu band akustik di Jogja “I.O.S.s” yang di undang khusus untuk menghibur peserta. Banyak Peserta juga yang berpartisipasi dalam mempersembahkan kemampuan-kemampuan mereka, seperti menyayni, menari, dan juga melawak. Peserta sangat menikmati hiburan-hiburan yang tersaji.

ienc-18

Sore hari setelah pelaksanaan pelatihan, peserta bersama panitia melakukan tour ke candi prambanan untuk  menyaksikan keindahan candi prambanan sekaligus mengenal sisa-sisa kebudayaan lampau yang ada padanya.

ienc-20

Setelah seluruh kegiatan hari kedua selesai, waktunya panitia untuk briefing membahas persiapan untuk 2 agenda besar esok hari yaitu simulasi bencana dan pelatihan vertical rescue.

ienc-21

ienc-22

ienc-23

Seperti hari sebelumnya, sebelum memulai kegiatan hari ke-3, diawali dengan senam bersama agar segar jiwa dan raga. Peserta antusias dalam mengikuti senam, dan tampak kompak dengan dresscode T-Shirt 3rd IENC.

ienc-24

Tampak para Probandus dan peserta bersiap untuk pelaksanaan simulasi bencana. Simulasi bencana di bombing langsung oleh tim DMC RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Dr. Corona selaku pengampu materi mini simulasi management bencana pada hari sebelumnya.

ienc-25

ienc-26

ienc-27

ienc-28

Suasana pelatihan Vertical Rescue, rasa gugup, tegang dan penasaran bercampur jadi satu. Beberapa peserta mangaku ketagihan, dan ingin mencoba lagi. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

ienc-29

Sesi foto bersama setelah agenda penutupan rangkaian kegiatan 3rd IENC. Kegiatan  Training Camp ini diikuti oleh kurang lebih 95 peserta dari peserta awal yang mengikuti seminar sejumlah kurang lebih 130 orang.