Untitled 1

Nursing Care Club Emergency (NCC EMERGENCY) Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mempersembahkan acara 2nd International Emergency Nursing Camp (2nd IENC). 2nd IENC merupakan acara pelatihan kegawatdaruratan bagi mahasiswa keperawatan. Acara ini di buka dengan pemukulan gong oleh dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY) dan diiringi dengan bunyi sirine di gedung AR.Fachrudin B UMY. Kemudian, acara dilanjutkan dengan materi disaster management oleh Mr. Ismail Maideen M.Ed.GDPSE.PGDHE.BHSc(N).CCRN.RN yang berasal dari Singapore, beliau merupakan perawat ahli kegawatdaruratan dari SOS Internasional dan pemateri kedua adalah dr. Tri Yunanto Arliono, Sp.ME kepala Unit IGD RS PKU Mhammadiyah Yogyakarta dari Indonesia dengan materi BLS dan triage 

Untitled 2

Setelah mengikuti seminar, peserta berkumpul dan melakukan foto bersama di lapangan bintang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Ada 26 institusi dengan jumlah peserta sebanyak 241 mahasiswa yang berasal dari berbagai institusi di Indonesia dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan dari Asia yaitu Taiwan yang mengikuti kegiatan 2nd International Emergency Nursing Camp. 

Untitled 3

Pada hari pertama tanggal 12 Desember 2014 pukul 16:00 WIB sore, para peserta diberangkatkan menuju camping ground Prambanan dengan menggunakan transportasi dari Brigade Mobil (BRIMOB) dan dikawal dengan menggunakan mobil barrier polisi.

Untitled 4

Pada malam hari tanggal 12 Desember 2014, acara dilanjutkan dengan diskusi tiga negara yaitu Taiwan, Singapore, dan Indonesia tentang sistem disaster management yang diterapkan di masing-masing negara. Peserta begitu antusias dengan diskusi tiga negara yang diadakan pada malam tersebut. Hal ini dapat dilihat dari peserta yang begitu antusias mengajukan pertanyaan kepada para pemateri

Untitled 5

Kegiatan rutin setiap pagi hari pada acara 2nd IENC adalah senam pagi. Senam yang dipandu oleh panitia dibuat inovatif dan bervariasi setiap pagi. Hal ini bertujuan untuk membuat para peserta merasa bugar dan semagat mengawali kegiatan di 2nd IENC.

Untitled 6

Peserta mendapatkan materi terlebih dahulu terkait Basic Life Support (BLS), evakuasi, triage, dan bidai balut sebelum melakukan praktek. Pemateri dan instruktur pada setiap pemateri berasal dari Stemcell NCC EMERGENCY, AGD 118 Jakarta, MDMC dan SAR DIY.

Untitled 7

Pada acara 2nd IENC peserta tidak hanya mendapatkan teori, tetapi peserta dapat langsung mempraktekkan teori yang sudah diterima. Gambar diatas merupakan kegiatan vertical rescue yang diajarkan langsung oleh para ahli yaitu Search and Rescue (SAR) dari Daerah Istimewa Yogyakarta

Untitled 8

Simulasi bencana merupakan salah satu bagian acara dari 2nd IENC dan sekaligus sebagai kegiatan pentup dari 2nd IENC. Pada kegiatan simulasi bencana, NCC bekerjasama dengan Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC). Peserta berperan sebagai petugas medis dan langsung merasakan situasi pada saat berada ditengah kondisi pasca bencana.