Rapat Kerja Nasional PSMKGI

17 Februari 2015 oleh :

Rapat Kerja Nasional PSMKGI

Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) merupakan satu-satunya organisasi mahasiswa Kedokteran Gigi se-Indonesia yang mewadahi aspirasi dan ranah gerak mahasiswa kedokteran gigi di Indonesia. Sesuai dengan visi PSMKGI, dimana PSMKGI  terbentuk   untuk   membina   mahasiswa   kedokteran   gigi sebagai insan akademis, intelektual, dan bermoral yang bernafaskan pengabdian untuk meningkatkan derajat kesehatan bangsa serta menjalin persatuan di antara mahasiswa kedokteran gigi se-Indonesia, ranah gerak PSMKGI tidak hanya bergerak dalam bidang pengembangan diri dan keorganisasian. PSMKGI juga bergerak di ranah akademik yang memiliki peran serta dalam hal pergerakan perubahan nasional yang terkait dalam sistem pendidikan kedokteran gigi sehingga mampu dan berkompeten untuk mengabdikan diri demi peningkatan status kesehatan masyarakat Indonesia, terutama dalam bidang kesehatan gigi dan mulut.

PSMKGI juga merupakan wadah untuk menyatukan seluruh mahasiswa  kedokteran  gigi  dari  31  institusi  di  seluruh  penjuru Indonesia untuk melebur menjadi satu serta meningkatkan nilai kekompakan dan solidaritas diantara anggota. Beberapa kegiatan rutin yang telah dilaksanakan PSMKGI seperti Bakti Sosial Nasional, Seminar Nasional, Musyawarah Nasional, Latihan Kepemimpinan Manajerial Mahasiswa, Pra Musyawarah Nasional, dan Dies Natalies PSMKGI berlangsung sukses dan berhasil membawa perubahan nasional ke arah yang lebih baik.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, PSMKGI mengadakan Rapat Kerja Nasional pada tanggal 6-9 Februari 2015 sebagai sarana untuk menyatukan ide serta ragam perbedaan yang ada dari berbagai institusi pendidikan sehingga tersusun sebuah rencana kerja untuk 2 tahun  ke  depan  untuk  kemajuan  dari  organisasi  institusi  sendiri maupun kegiatan kontributif untuk mengabdikan diri pada masyarakat yang bergerak dalam bidang Kesehatan Gigi dan Mulut. Selain menentukan langkah gerak PSMKGI kedepannya, dalam RAKERNAS juga dilakukan pemilihan pengurus PSMKGI periode 2014-2016 sebagai ujung tombak pergerakan PSMKGI.

Sebuah Forum Alumni juga diselenggarakan untuk napak tilas PSMKGI. Dengan adanya napak tilas, maka pengurus baru dapat mengenal sejarah pembentukan dan perjuangan yang telah dilalui sehingga dapat mengambil pembelajaran yang nyata   dan bahan evaluasi untuk kedepannya. Selain itu, Forum Alumni juga sebagai salah satu event dimana alumni PSMKGI dapat menyambung kembali tali silaturahmi yang dapat memberi benefit bagi alumni maupun untuk pengurus PSMKGI sendiri